KOMUNIKASI PARTAI POLITIK DALAM PEMENANGAN PASANGAN CALON PRESIDEN DAN CALON WAKIL PRESIDEN PADA PEMILU PRESIDEN TAHUN 2019

Mafirion, Mafirion (2024) KOMUNIKASI PARTAI POLITIK DALAM PEMENANGAN PASANGAN CALON PRESIDEN DAN CALON WAKIL PRESIDEN PADA PEMILU PRESIDEN TAHUN 2019. Bachelor thesis, UNIVERSITAS NASIONAL.

[img] Text
COVER.pdf

Download (541kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (985kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (407kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (190kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (378kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (977kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (306kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan tentang komunikasi parpol dalam pemenangan paslon presiden dan wakilnya pada Pilpres 2019 serta faktor yang mendukung dan menghambatnya. Metode yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Informan berjumlah 4 Orang yang terdiri dari Pengurus Parpol yang tergabung dalam Koalisi pada Pilpres 2019 dari Partai Kebangkitan Bangsa, PDI Perjuangan, dan Partai Persatuan Pembangunan. Sumber data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh secara langsung dari informan, dan data sekunder yang diperoleh dari literatur kepustakaan. Hasil penelitian menunjukkan komunikasi parpol dalam pemenangan paslon presiden dan wakilnya pada Pilpres 2019 dari komunikasi massa menggunakan media massa dapat mempengaruhi pilihan politik bagi masyarakat pemilih, dan meningkatkan popularitas, akseptabilitas hingga elektabilitas. Komunikasi tatap muka tidak begitu berpengaruh kepada masyarakat pemilih yang tidak mengikuti perkembangan informasi yang dihasilkan dari tatap muka dengan keterbatasan dari segi waktu, tenaga, dan biaya yang dibutuhkan serta jumlah masyarakat pemilih yang ikutserta dalam tatap muka. Komunikasi interpersonal dalam bentuk pertemuan publik diatur dalam jadwal kampanye oleh KPU dan dilaksanakan oleh Tim Kampanye memiliki kelemahan disebabkan komunikasinya searah, psikologis massa tidak bisa dalam waktu lama dalam suatu tempat dan ide, gagasan itu tidak bisa disampaikan secara utuh kepada massa. Faktor pendukung dai media massa dalam bentuk televisi menjadi komunikasi yang paling efektif karena dapat menjangkau jumlah konstituen atau masyarakat yang lebih banyak. Faktor penghambat dari segi waktu, tenaga dan biaya yang dibutuhkan, jumlah masyarakat pemilih, dan psikologis massa yang terpengaruhi kondisi saat berlangsungnya di dalam tatap muka dan pertemuan publik. Kata Kunci : Komunikasi, Partai Politik, Pemilu Presiden.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
J Political Science > JA Political science (General)
Divisions: Skripsi > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Politik
Depositing User: Miss Yulia Zahra Yamini
Date Deposited: 29 Apr 2024 03:01
Last Modified: 29 Apr 2024 03:01
URI: http://repository.unas.ac.id/id/eprint/10848

Actions (login required)

View Item View Item