PERLINDUNGAN KONSUMEN BARANG BEKAS (SECONDHAND) ATAS HAK INFORMASI YANG BENAR, JELAS DAN JUJUR DALAM PERDAGANGAN MELALUI SISTEM ELEKTRONIK

Lestyana, Putri Janies (2024) PERLINDUNGAN KONSUMEN BARANG BEKAS (SECONDHAND) ATAS HAK INFORMASI YANG BENAR, JELAS DAN JUJUR DALAM PERDAGANGAN MELALUI SISTEM ELEKTRONIK. Bachelor thesis, Universitas Nasional.

[img] Text
COVER.pdf

Download (660kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (406kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (540kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (470kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (471kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (368kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

:Kegiatan perdagangan di masyarakat Indonesia telah mengalami perkembangan yang sangat pesat sejalan dengan berkembangnya teknologi jual beli yang berbasis internet yang dikenal dengan nama e-commerce dan marketplace. Tidak hanya produk dalam kondisi baru saja melainkan barang bekas (secondhand) marak diperjual belikan melalui e-commerce dan marketplace. Perlindungan konsumen atas hak informasi yang benar, jelas dan jujur merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari kegiatan yang dimanakan Perdagangan Melalui Sistem Elektronik (PMSE) tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perlindungan hukum terhadap konsumen terkait pembelian barang bekas (secondhand) melalui sistem elektronik, mendeskripsikan pertanggungjawaban pelaku usaha (secondhand) terkait penjualan barang bekas (secondhand), cara penyelesaian sengketa apabila terjadi perselisihan antara pelaku usaha dengan konsumen. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perlindungan hukum bagi konsumen barang bekas (secondhand) atas hak informasi yang benar, jalas dan jujur secara garis besar terdapat dalam Undang-Undang Perlindungan Konsumen pada UU No. 8 Tahun 1999, Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2016 tentang perubahan atas Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik dan Peraturan Pemerintah Nomor 71 Tahun 2019 Tentang Penyelenggaraan Sistem dan Transaksi Elektronik.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Skripsi > Fakultas Hukum > Program Studi Ilmu Hukum
Depositing User: - Abdurrahman -
Date Deposited: 29 Apr 2024 02:47
Last Modified: 29 Apr 2024 02:47
URI: http://repository.unas.ac.id/id/eprint/10842

Actions (login required)

View Item View Item