ANALISIS SEMIOTIKA CHARLES SANDERS PEIRCE REPRESENTASI POLA KOMUNIKASI KELUARGA DALAM FILM NGERI NGERI SEDAP

NUSKHAN, WAHYU AHMAD (2024) ANALISIS SEMIOTIKA CHARLES SANDERS PEIRCE REPRESENTASI POLA KOMUNIKASI KELUARGA DALAM FILM NGERI NGERI SEDAP. Bachelor thesis, Universitas Nasional.

[img] Text
COVER.pdf

Download (705kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (179kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (359kB)
[img] Text
BAB 3.pdf

Download (204kB)
[img] Text
BAB 4.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (207kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (823kB)

Abstract

Film mencerminkan realitas kehidupan sekaligus menjadi medium komunikasi yang kompleks. Penelitian ini mengfokuskan pada film Ngeri – Ngeri Sedap yang mengeksplorasi dinamika komunikasi dalam keluarga dengan latar budaya Batak. Terdapat kecenderungan orang tua memaksakan kehendak tanpa pendekatan yang baik, menciptakan Pola Komunikasi Monopoli sebagai tema dominan. Metode penelitian kualitatif deskriptif digunakan dengan teknik observasi dan kepustakaan, serta analisis semiotika Charles Sanders Peirce. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 17 scene, Pola Komunikasi Monopoli mendominasi dengan 7 scene, diikuti Pola Komunikasi Persamaan (3 scene), Pola Komunikasi Seimbang Terpisah (4 scene), dan Pola Komunikasi Tak Seimbang Terpisah (3 scene). Temuan ini memberikan wawasan mendalam mengenai representasi pola komunikasi keluarga dalam konteks film tersebut.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Skripsi > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: - Abdurrahman -
Date Deposited: 29 Apr 2024 02:22
Last Modified: 29 Apr 2024 02:22
URI: http://repository.unas.ac.id/id/eprint/10833

Actions (login required)

View Item View Item