TINJAUAN YURIDIS TERHADAP PENOLAKAN KLAIM ASURANSI OLEH PENANGGUNG AKIBAT DUGAAN TIDAK TERBUKANYA TERTANGGUNG ASURANSI(STUDI KASUS PUTUSAN MAHKAMAH AGUNG NOMOR 674 PK/PDT/2022)

hadi, Ikram (2024) TINJAUAN YURIDIS TERHADAP PENOLAKAN KLAIM ASURANSI OLEH PENANGGUNG AKIBAT DUGAAN TIDAK TERBUKANYA TERTANGGUNG ASURANSI(STUDI KASUS PUTUSAN MAHKAMAH AGUNG NOMOR 674 PK/PDT/2022). Bachelor thesis, Universitas Nasional.

[img] Text
COVER.pdf

Download (713kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (546kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (528kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (491kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (544kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (383kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (743kB)

Abstract

Peran perusahaan asuransi adalah sebagai lembaga perlindungan, yang bersedia memberikan perlindungan berupa jaminan kerugian kepada tertanggung sesuai dengan ketentuan dalam polis. Dengan perannya sebagai lembaga perlindungan, penanggung diandalkan untuk mengatasi risiko yang dihadapi oleh tertanggung.. Praktik umum terkait pelaksanaan polis asuransi jiwa seringkali menghasilkan ketidakpuasan dan penyesalan dari pihak tertanggung, yang merasa kecewa dengan kurangnya efisiensi dan mekanisme yang buruk dari penanggung dalam menangani dan menyelesaikan klaim. Adapun rumusan masalah yaitu : 1) Bagaimana tanggung jawab hukum yang dilakukan penanggung asuransi terhadap tertanggung asuransi atas dugaan tidak terbukanya tertanggung asuransi tentang riwayat penyakitnya? 2) Apakah pertimbangan hukum hakim dalam proses pengajuan klaim asuransi pada perkara putusan Mahkamah Agung Nomor 674 PK/Pdt/2022 sudah sesuai dengan hukum yang berlaku ? Tujuan dari penulisan ini adalah: 1) Untuk mengetahui tanggung jawab hukum yang dilakukan penanggung asuransi terhadap tertanggung asuransi atas dugaan tidak terbukanya tertanggung asuransi tentang riwayat penyakitnya; 2) Untuk mengetahui pertimbangan hukum hakim dalam proses pengajuan klaim asuransi pada perkara putusan Mahkamah Agung Nomor 674 PK/Pdt/2022 sudah sesuai dengan hukum yang berlaku. Adapun metode penelitian adalah pendekatan yuridis normatif, perundang-undangan (statute approach) dan kasus . Penulis menemukan bahwa, tanggung jawab hukum perusahaan asuransi jiwa terhadap tertanggung dalam pembayaran klaim asuransi muncul setelah persetujuan semua pihak terlibat, yaitu pemegang polis, penanggung, dan penerima manfaat.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Skripsi > Fakultas Hukum > Program Studi Ilmu Hukum
Depositing User: - Abdurrahman -
Date Deposited: 26 Apr 2024 08:01
Last Modified: 26 Apr 2024 08:01
URI: http://repository.unas.ac.id/id/eprint/10816

Actions (login required)

View Item View Item