ANALISIS YURIDIS PERBUATAN MELAWAN HUKUM TERHADAP KEPEMILIKAN HAK ATAS TANAH BERDASARKAN GADAI SECARA LISAN (Studi Kasus Putusan Mahkamah Agung Nomor : 934K/Pdt/2020)

Gymnastiar, Andi Ijlal (2024) ANALISIS YURIDIS PERBUATAN MELAWAN HUKUM TERHADAP KEPEMILIKAN HAK ATAS TANAH BERDASARKAN GADAI SECARA LISAN (Studi Kasus Putusan Mahkamah Agung Nomor : 934K/Pdt/2020). Bachelor thesis, Universitas Nasional.

[img] Text
COVER.pdf

Download (816kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (504kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (540kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (438kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (464kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (292kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pada dasarnya semua hak atas tanah dapat beralih maupun dialihkan. Beralih adalah pindahnya hak atas tanah karena hukum, dengan sendirinya, tidak ada perbuatan hukum yang sengaja untuk mengalihkan hak itu kepada pihak lain. Dialihkan adalah pindahnya hak atas tanah itu kepada pihak lain karena adanya perbuatan melawan hukum yang disengaja agar hak atas tanah itu pindah karena pihak lain. Dari hal tersebut yang menjadi rumusan masalah penelitian ini adalah pertama, Bagaimana Kriteria Perbuatan Melawan Hukum terhadap kepemilikan Hak atas Tanah berdasarkan gadai secara lisan tersebut? Kedua, Bagaimana pertimbangan hakim dalam Kepemilikan Hak atas Tanah gadai tersebut berdasarkan putusan nomor 934K/Pdt/2020? Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian hukum normatif dengan menggunakan data sekunder. Dari penelitian ini disimpulkan bahwa pada perbuatan melawan hukum merupakan suatu orang yang melakukan perbuatan yang melanggar perikatan dan mengakibatkan adanya kerugian bagi pihak lain dan pertimbangan hukum hakim dalam kasus ini yaitu tergugat dinyatakan melakukan perbuatan melawan hukum karena tidak mau menyerahkan kembali tanah meskipun sudah ditebus oleh pengguggat, Bahwa perbuatan itu termasuk dalam pasal 1365 KUHPerdata yaitu Perbuatan Melawan Hukum.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
J Political Science > JA Political science (General)
Divisions: Skripsi > Fakultas Hukum > Program Studi Ilmu Hukum
Depositing User: - Abdurrahman -
Date Deposited: 26 Apr 2024 07:32
Last Modified: 26 Apr 2024 07:32
URI: http://repository.unas.ac.id/id/eprint/10812

Actions (login required)

View Item View Item