ANALISIS BEBAN PENDINGIN PADA LANTAI 3 GEDUNG WISMA TUGU II Diajukan Sebagai Syarat Untuk Memperoleh Gelar Sarjana Strata Satu (S-1) Teknik Mesin Program Studi Teknik Mesin Fakultas Teknik Dan Sains Universitas Nasional

Nabiel, Reysoultan (2024) ANALISIS BEBAN PENDINGIN PADA LANTAI 3 GEDUNG WISMA TUGU II Diajukan Sebagai Syarat Untuk Memperoleh Gelar Sarjana Strata Satu (S-1) Teknik Mesin Program Studi Teknik Mesin Fakultas Teknik Dan Sains Universitas Nasional. Bachelor thesis, Universitas Nasional.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (162kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (772kB)
[img] Text
BAB 3.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 4.pdf

Download (706kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (33kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pertumbuhan populasi dan perkembangan bangunan yang pesat memengaruhi kenyamanan ruang di dalam gedung. Kenyamanan ruang sangat dipengaruhi oleh letak, karakteristik, dan kegiatan di dalamnya. Pengkondisian udara merupakan upaya untuk mengatur suhu udara agar sesuai dengan kebutuhan, dengan tujuan mencapai suhu yang lebih rendah dari suhu lingkungan sekitarnya. Beban pendingin menjadi faktor penting dalam menentukan kenyamanan ruang. Diperlukan perhitungan yang akurat untuk menentukan kapasitas mesin pengkondisian udara yang diperlukan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis beban pendingin pada lantai 3 Gedung Wisma Tugu II guna menentukan apakah kapasitas mesin pengkondisian udara yang digunakan sudah cukup untuk menanggung beban pendinginan yang ada. Metode pengumpulan data meliputi pengukuran suhu luar, pengukuran luas komponen yang akan dihitung, dan penentuan koefisien perpindahan panas. Analisis dilakukan terhadap gedung Wisma Tugu II yang menggunakan AC Central McQuay MDB200B2 dengan kapasitas 200.000 Btu/hr pada masing-masing lantai dan wing sejak tahun 2011. Perhitungan beban pendinginan dilakukan pada area wing timur lantai 3 pada pukul 10.00 WIB, dengan memperhitungkan faktor-faktor seperti posisi matahari, jumlah pegawai, dan penggunaan peralatan elektronik. Hasil perhitungan menunjukkan bahwa beban pendinginan total pada area wing timur lantai 3 Gedung Wisma Tugu II sebesar 36.796,95 W atau 125.477,6 Btu/h pada pukul 10.00 WIB. Faktor-faktor seperti posisi matahari yang rendah, jumlah pegawai, dan penggunaan peralatan elektronik mempengaruhi beban pendinginan tersebut. Kapasitas mesin pengkondisian udara yang digunakan pada area tersebut dinilai cukup untuk menanggung beban pendinginan yang ada. Rekomendasi diberikan untuk memanfaatkan tirai kaca secara optimal pada waktu beban radiasi kaca maksimum, yaitu pada pukul 12.00 WIB, untuk mengurangi beban radiasi pada kaca.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
U Military Science > U Military Science (General)
Divisions: Skripsi > Fakultas Teknik dan Sains > Program Studi Teknik Mesin
Depositing User: - Abdurrahman -
Date Deposited: 24 Apr 2024 06:38
Last Modified: 25 Apr 2024 02:04
URI: http://repository.unas.ac.id/id/eprint/10801

Actions (login required)

View Item View Item