PENGARUH PENGETAHUAN KEUANGAN, SIKAP KEUANGAN, DAN LOKUS KENDALI TERHADAP PERILAKU PERENCANAAN KEUANGAN PENSIUN DI MASA DEPAN STUDI PADA PEGAWAI KEMENTERIAN DESA, PEMBANGUNAN DAERAH TERTINGGAL, DAN TRANSMIGRASI

Pratiwi, Silva Wira (2024) PENGARUH PENGETAHUAN KEUANGAN, SIKAP KEUANGAN, DAN LOKUS KENDALI TERHADAP PERILAKU PERENCANAAN KEUANGAN PENSIUN DI MASA DEPAN STUDI PADA PEGAWAI KEMENTERIAN DESA, PEMBANGUNAN DAERAH TERTINGGAL, DAN TRANSMIGRASI. Bachelor thesis, Universitas Nasional.

[img] Text
COVER.pdf

Download (499kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (241kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (326kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (198kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (325kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (38kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (556kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh dari pengetahuan keuangan, sikap keuangan, dan lokus kendali terhadap perilaku perencanaan keuangan masa pensiun pada karyawan Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling sebanyak 100. Penelitian ini menggunakan data primer dengan membagikan kuesioner kepada para responden. Pernyataan yang telah diberikan diukur dengan menggunakan skala likert. Penelitian ini menggunakan metode analisis regresi linear berganda dengan aplikasi STATA Statistics versi 14. Hasil penelitian yang didapat menunjukkan bahwa pengetahuan keuangan (X1) berpengaruh secara signifikan terhadap perilaku perencanaan keuangan masa pensiun. Sedangkan sikap keuangan (X2) dan lokus kendali (X3) tidak memiliki pengaruh terhadap perilaku perencanaan keuangan masa penisun. Hasil yang terdapat pada penelitian ini diharapkan untuk dijadikan para karyawan Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi mampu memperlihatkan Pengetahuan Keuangan, Sikap Keuangan, dan Lokus Kendali yang dapat meningkatkan pengaruh dari perilaku perencanaan keuangan pensiun di masa depan. Kata Kunsi : Pengetahuan Keuangan, Sikap Keuangan, Lokus Kendali, Perilaku Perencanaan Keuangan Masa Pensiun.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Skripsi > Fakultas Ekonomi > Program Studi Manajemen
Depositing User: - Abdurrahman -
Date Deposited: 24 Apr 2024 03:27
Last Modified: 24 Apr 2024 03:27
URI: http://repository.unas.ac.id/id/eprint/10798

Actions (login required)

View Item View Item