ANALISIS YURIDIS KEWAJIBAN PEMBERIAN BANTUAN CUTI TAHUNAN KEPADA PEKERJA BERDASARKAN PERATURAN KETENAGAKERJAAN DI INDONESIA (Studi Putusan Nomor 212/Pdt.Sus-PHI/2022/PN.Jkt.Pst)

Fazira, Rania (2024) ANALISIS YURIDIS KEWAJIBAN PEMBERIAN BANTUAN CUTI TAHUNAN KEPADA PEKERJA BERDASARKAN PERATURAN KETENAGAKERJAAN DI INDONESIA (Studi Putusan Nomor 212/Pdt.Sus-PHI/2022/PN.Jkt.Pst). Bachelor thesis, Universitas Nasional.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (445kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (479kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (381kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (372kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (230kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian pada skripsi ini membahas Putusan Nomor 212/Pdt.Sus-PHI/2022/PN.Jkt.Pst yang didalamnya memuat persoalan antara Maria Orient Napitupulu selaku Penggugat dan PT Asuransi Jiwasraya (Persero) selaku Tergugat, yang duduk perkaranya tentang Bantuan Cuti Tahunan yang diatur dalam Perjanjian Kerja Bersama Periode Tahun 2020-2022 PT Asuransi Jiwasraya (Persero). Persoalan bermula dimana PT Asuransi Jiwasraya (Persero) tidak membayarkan Bantuan Cuti Tahunan kepada Penggugat, sehingga PT Asuransi Jiwasraya (Persero) digugat ke Pengadilan Hubungan Industrial dan gugatan tersebut dimenangkan oleh Penggugat. Rumusan masalah yang dirumuskan peneliti dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimanakah perlindungan hukum terhadap pekerja terkait Bantuan Cuti Tahunan? 2) Bagaimanakah pertimbangan majelis hakim dalam perkara Putusan Nomor 212/Pdt.Sus-PHI/2022/PN.Jkt.Pst?. Dalam melakukan penelitian skripsi ini peneliti menggunakan metode penelitian yuridis normatif dengan menggunakan pendekatan undang-undang (statute approach), pendekatan kasus (case approach), dan pendekatan koseptual (conceptual approach). Perjanjian Kerja Bersama seharusnya dapat memberikan perlindungan hukum terhadap pekerja, sehingga kedepannya tidak ada lagi persoalan terkait hak-hak pekerja yang diabaikan oleh perusahaan. Kata kunci : Hak, Perjanjian Kerja Bersama, Perlindungan Hukum

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: K Law > K Law (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Skripsi > Fakultas Hukum > Program Studi Ilmu Hukum
Depositing User: Delvy Aplirizani -
Date Deposited: 24 Apr 2024 02:56
Last Modified: 24 Apr 2024 02:56
URI: http://repository.unas.ac.id/id/eprint/10790

Actions (login required)

View Item View Item