ANALISIS ASUHAN KEPERAWATAN MELALUI INTERVENSI GENGGAM BOLA KARET PADA KELUARGA NY. R DAN NY. M DENGAN STROKE DI KELURAHAN DUREN TIGA

PURWANI, KRISTIN WAHYU INDAH (2024) ANALISIS ASUHAN KEPERAWATAN MELALUI INTERVENSI GENGGAM BOLA KARET PADA KELUARGA NY. R DAN NY. M DENGAN STROKE DI KELURAHAN DUREN TIGA. Bachelor thesis, Universitas Nasional.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (320kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (842kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (726kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (390kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (465kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Latar Belakang : Stroke merupakan salah satu jenis penyakit penyebab kecacatan dan kematian. Salah satu masalah yang timbul adalah melemahnya kekuatan otot pada ekstermitas dan akan menghambat aktifitas dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari. Cara meminimalkan terjadinya kecacatan pasca stroke adalah rehabilitasi salah satunya ROM aktif Mengenggam Bola Karet. Penerapan ini menggunakan metode study kasus penerapan genggam bola karet yang dilakukan minimal 2 kali sehari selama 5 hari. subjek yang digunakan sebanyak 2 orang pasien yang didiagnosa stroke dengan hemiparase atau pasca stroke. Tujuan : Menganalisis asuhan keperawatan melalui intervensi mengenggam bola karet pada keluarga dengan stroke di Kelurahan Duren Tiga Implementasi : Tindakan keperawatan pada kedua klien dilakukan pada tanggal 09 Oktober sampai dengan 09 Desember 2023. Implementasi pada diagnosa keperawatan manajemen kesehatan keluarga tidak efektif dengan dilakukannya mengenggam bola karet bertujuan untuk meningkatkan kekuatan otot ekstermitas atas pada kedua keluarga. Metode: Studi kasus ini menggunakan metode deskriptif. Sampel diambil sebanyak 2 keluarga dengan pemberian asuhan keperawatan berupa mengenggam bola karet 2 kali sehari selama 5 hari. Pengumpulan data menggunakan lembar penilaian dan Handgrip Dynamometer. Hasil : Hasil evaluasi menunjukan bahwa setelah dilakukan mengenggam bola karet, didapatkan bahwa kekuatan otot ekstremitas mengalami peningkatan diukur dengan Handgrip Dynamometer, yakni pada Ny. R sebelum penerapan adalah 7,5 kg dan setelah penerapan menjadi 12,7 kg. Sedangkan pada Ny. M sebelum penerapan adalah 4,1 kg dan setelah penerapan menjadi 6,2 kg. Simpulan dan Saran : penatalaksanaan non-farmakologis dengan menerapkan menggenggam bola karet menunjukan bahwa terbukti dapat meningkatkan kekuatan otot pada pasien pasca stroke yang mengalami hemiparase. Kata Kunci : Stroke, mengenggam bola karet Kepustakaan : 21 (2016 – 2023)

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: L Education > L Education (General)
R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Skripsi > Fakultas Ilmu Kesehatan > Program Studi Keperawatan
Depositing User: - Abdurrahman -
Date Deposited: 24 Apr 2024 02:52
Last Modified: 24 Apr 2024 02:52
URI: http://repository.unas.ac.id/id/eprint/10789

Actions (login required)

View Item View Item