ANALISIS YURIDIS PERBUATAN MELAWAN HUKUM DALAM TINDAKAN PEMBERIAN SANKSI TERHADAP MURID YANG TIDAK SESUAI DENGAN PERATURAN INTERNAL SEKOLAH (Studi Kasus Putusan Nomor: 3077/K/Pdt/2021)

Irvani, Isaura Salsabilla (2024) ANALISIS YURIDIS PERBUATAN MELAWAN HUKUM DALAM TINDAKAN PEMBERIAN SANKSI TERHADAP MURID YANG TIDAK SESUAI DENGAN PERATURAN INTERNAL SEKOLAH (Studi Kasus Putusan Nomor: 3077/K/Pdt/2021). Bachelor thesis, Universitas Nasional.

[img] Text
Cover.pdf

Download (687kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (334kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (328kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (254kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (424kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (246kB)
[img] Text
LAMPIRANa.pdf

Download (19MB)

Abstract

Tenaga didik adalah profesi yang paling krusial dalam pewujudan salah satu cita-cita Negara Republik Indonesia, yaitu untuk mencerdaskan kehidupan bangsa. Dalam penyelenggaraan pendidikan harus dilakukan secara demokratis, adil, dan tidak diskriminatif, terutama terhadap hak asasi manusia, nilai keagamaan, nilai kultural, dan kemajemukan, termasuk sekolah dan tenaga pendidik yang tidak sewenang-wenang dalam menyelenggarakan Pendidikan yang dikualifikasi sebagai perbuatan melawan hukum. Dalam penelitian ini masalah yang akan diteliti, yaitu: 1) Apakah tindakan pemberian sanksi oleh sekolah kepada murid yang tidak sesuai dengan peraturan internal sekolah termasuk pada perbuatan melawan hukum? dan 2) Bagaimana pertimbangan dan putusan Majelis Hakim yang memeriksa perkara Nomor 3077/K/Pdt/2021? Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian yuridis normatif melalui studi kasus dan pendekatan perundang-undangan. Tujuan penelitian ini adalah untuk memberikan pemahaman mengenai keadilan, perlindungan hukum, serta kepastian hukum bagi pihak-pihak yang memberikan sanksi dan dikenakan sanksi di lingkungan sekolah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pihak sekolah mengeluarkan surat penerapan sanksi yang cacat prosedur terhadap anak dan Majelis Hakim mempertimbangkan bahwa hal tersebut tidak sesuai dengan tujuan penyelenggaran pendidikan serta melawan hukum.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: K Law > K Law (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Skripsi > Fakultas Hukum > Program Studi Ilmu Hukum
Depositing User: - Abdurrahman -
Date Deposited: 03 Apr 2024 03:28
Last Modified: 03 Apr 2024 03:28
URI: http://repository.unas.ac.id/id/eprint/10720

Actions (login required)

View Item View Item