ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN BABY BLUES SYNDROME PADA IBU POSTPARTUM DI PUSKESMAS CILEUNGSI BOGOR JAWA BARAT

Nurjanah, Nurjanah (2024) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN BABY BLUES SYNDROME PADA IBU POSTPARTUM DI PUSKESMAS CILEUNGSI BOGOR JAWA BARAT. Diploma thesis, Universitas Nasional.

[img] Text
COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (359kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (427kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (405kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (450kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (310kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Kondisi baby blues syndrome merupakan jenis masalah mental yang paling ringan. Perubahan pola pikir ibu yang sangat besar yang dirasakan, misalnya perubahan suasana hati, mudah menangis, sulit mengendalikan perasaan setelah pasca melahirkan, berlangsung 3-6 hari dalam 14 hari awal. Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang berhubungan dengan baby blues syndrome pada ibu postpartum di puskesmas cileungsi bogor jawa barat. Metodologi: Penelitian kuantitatif dengan pendekatan cross sectional, sampel diambil menggunakan teknik Accidental Sampling sebanyak 30 responden. Pengambilan data dengan kuesioner Edinburgh Postnatal Depression Scale dan kuesioner dukungan suami. Analisis data menggunakan chi-square. Hasil Penelitian: Ibu postpartum mengalami baby blues syndrome sebanyak 56,7%. Analisis bivariat hubungan antara usia dengan baby blues p-value 0,691, pekerjaan p-value 0,059, paritas p-value 0,141, ekonomi p-value 0,000, status kehamilan p-value 0,141, dan dukungan suami p-value 0,000. Simpulan: Terdapat hubungan yang signifikan antara pekerjaan, ekonomi, dan dukungan suami baby blues syndrome pada ibu postpartum sedangkan usia, paritas, dan status kehamilan tidak ada hubungan. Saran: Wanita usia subur dihimbau untuk merancang kehamilannya dengan baik dengan mempertimbangkan pekerjaan, aspek keuangan dan bantuan pasangan karena variabel-variabel tersebut sangat mempengaruhi kondisi mental ibu pasca melahirkan. Kata Kunci : Baby Blues Syndrome, Dukungan Suami, Ekonomi, dan Pekerjaan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Skripsi > Fakultas Ilmu Kesehatan > Program Studi Keperawatan
Depositing User: - Abdurrahman -
Date Deposited: 03 Apr 2024 03:03
Last Modified: 03 Apr 2024 03:03
URI: http://repository.unas.ac.id/id/eprint/10717

Actions (login required)

View Item View Item