UJARAN KEBENCIAN DI MEDIA SOSIAL (STUDI SIKAP MAHASISWA UNIVERSITAS NASIONAL)

Arfiana, Rheina (2024) UJARAN KEBENCIAN DI MEDIA SOSIAL (STUDI SIKAP MAHASISWA UNIVERSITAS NASIONAL). Bachelor thesis, Universitas Nasional.

[img] Text
Cover.pdf

Download (631kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (337kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (387kB)
[img] Text
BAB 3.pdf

Download (303kB)
[img] Text
BAB 4.pdf

Download (553kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (254kB)
[img] Text
Lampiran.pdf

Download (1MB)

Abstract

Ujaran kebencian merupakan tindakan komunikasi yang dijalankan secara individu maupun kelompok dalam wujud penistaan, penghinaan, menghasut, memprovokasi, menyebarkan berita bohong, perbuatan tidak menyenangkan, dan mencemarkan nama baik, pada individu maupun kelompok lain dalam beragam bagian seperti gender, ras, etnis, agama, kewarganegaraan, dan lainnya. Media sosial terutama TikTok, Instagram, dan X menjadi tempat untuk melakukan ujaran kebencian. Data memperlihatkan tahun 2020 hingga Mei tahun 2022 terdapat 100 tindak pidana ujaran kebencian. Rumusan penelitian ini adalah bagaimana pengetahuan dan sikap mahasiswa UNAS terhadap ujaran kebencian di media sosial. Tujuan penelitian adalah menganalisis pengetahuan dan mendeskripsikan sikap mahasiswa UNAS terhadap ujaran kebencian di media sosial. Penelitian menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan teori ujaran kebencian dan sikap. Informan terdiri dari 8 orang yang memuat 6 laki – laki dan 2 perempuan yang berstatus tokoh mahasiswa UNAS dengan memakai teknik purposive sampling. Hasil dari penelitian menunjukkan mahasiswa UNAS mengetahui tentang ujaran kebencian di media sosial tetapi belum memahami secara mendalam. Sikap yang ditunjukkan dibagi menjadi tiga kategori, yaitu tidak peduli, pasif, dan aktif. Sikap tidak peduli, yaitu netral, cukup mengetahui dan pengabaian. Sikap pasif, yaitu memilah berita atau informasi antara yang baik dan buruk. Sikap aktif, yaitu melakukan komentar, melakukan tag di media sosial untuk dilaporkan, memberitahu korban untuk melakukan blokir atau report akun pelaku, menegur, melakukan blokir atau report akun pelaku, membantu dan memberitahu pembuat konten supaya tidak menyinggung.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources > ZA4050 Electronic information resources
Divisions: Skripsi > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: - Abdurrahman -
Date Deposited: 02 Apr 2024 02:19
Last Modified: 02 Apr 2024 02:19
URI: http://repository.unas.ac.id/id/eprint/10702

Actions (login required)

View Item View Item