RESPONS PENGGUNA TRANSJAKARTA TERHADAP FASILITAS PENUMPANG BERKEBUTUHAN KHUSUS (STUDI KASUS PENGGUNA TRANSJAKARTA DI HALTE RAGUNAN)

Azzami, Alifa Nur (2024) RESPONS PENGGUNA TRANSJAKARTA TERHADAP FASILITAS PENUMPANG BERKEBUTUHAN KHUSUS (STUDI KASUS PENGGUNA TRANSJAKARTA DI HALTE RAGUNAN). Bachelor thesis, Universitas Nasional.

[img] Text
COVER.pdf

Download (637kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (332kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (299kB)
[img] Text
BAB 3.pdf

Download (149kB)
[img] Text
BAB 4.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (116kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penyediaan moda transportasi publik bus Transjakarta ditujukan untuk seluruh kalangan termasuk penumpang ibu hamil, penyandang disabilitas, warga lanjut usia (lansia) serta ibu yang membawa anak usia dini. Sebagai moda transportasi umum, bus Transjakarta telah menyediakan fasilitas guna menunjang kesetaraan hak dalam layanan publik .Penelitian ini bertujuan (1) melihat tanggapan pengguna berkebutuhan khusus terhadap penyediaan fasilitas layanan bangku prioritas dan (2) respons pengguna umum terhadap penggunaan bangku prioritas di dalam bus Transjakarta. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Informan dalam penelitian ini adalah 1 petugas pramusapa, 4 penumpang umum dan 4 penumpang khusus. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa 1 penumpang prioritas yaitu penyandang disabilitas masih belum memperoleh haknya. Sebagai penyandang disabilitas hak nya dalam menggunakan transportasi publik belum menunjukkan kesetaraan bagi seluruh pengguna layanan publik. Sedangkan 1 penumpang lainnya yaitu warga lanjut usia (lansia) terkadang masih mendapat situasi kurang dihormati oleh penumpang umum. Melalui penelitian ini dapat dilihat bahwa fasilitas yang telah menunjung aksebilitas layanan publik berupa penggunaan simbol seperti perbedaan warna bangku, adanya pin prioritas, himbauan di atas bangku prioritas belum dapat menciptakan tindakan responsif dari penumpang umum Transjakarta.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Skripsi > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: - Abdurrahman -
Date Deposited: 01 Apr 2024 07:44
Last Modified: 01 Apr 2024 07:44
URI: http://repository.unas.ac.id/id/eprint/10694

Actions (login required)

View Item View Item