PENGARUH METODE KANGAROO MOTHER CARE TERHADAP KENAIKAN BERAT BADAN BAYI DENGAN BERAT BADAN LAHIR RENDAH DI NICU ALIA HOSPITAL DEPOK

LULJANNAH, MIKIA (2024) PENGARUH METODE KANGAROO MOTHER CARE TERHADAP KENAIKAN BERAT BADAN BAYI DENGAN BERAT BADAN LAHIR RENDAH DI NICU ALIA HOSPITAL DEPOK. Bachelor thesis, Universitas Nasional.

[img] Text
COVER.pdf

Download (3MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (413kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (966kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (652kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (923kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (264kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)

Abstract

Latar Belakang: BBLR didefinisikan oleh World Health Organization (WHO) sebagai berat badan saat lahir <2500 gram (WHO, 2022). Metode Kangaroo Mother Care (KMC) adalah metode perawatan dini dengan sentuhan kulit antara ibu dan bayi baru lahir dalam posisi kangguru. Manfaat metode KMC diantaranya dapat meningkatkan berat badan pada bayi. Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode Kangaroo Mother Care (KMC) terhadap kenaikan berat badan bayi dengan berat badan lahir rendah (BBLR) di NICU Alia Hospital Depok. Metodologi: Desain penelitian dilakukan terhadap responden dengan menggunakan Quasi Eksperimental dengan desain “One Group Pretest Posttest Design”. Sampel dari penelitian ini adalah 30 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling yang memenuhi kriteria inklusi diantaranya adalah bayi BBLR <2500gram, bayi BBLR dengan kondisi stabil, tidak terpasang alat bantu napas, bayi BBLR yang ada di NICU level 2b dan 2a. Data dianalisis menggunakan analisis bivariat menggunakankan uji Wilcoxon. Hasil Penelitian: Hasil uji Wilcoxon menunjukkan hasil nilai p Value adalah 0,019, artinya nilai p Value <0,05 maka dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh metode kangaroo mother care terhadap kenaikan berat badan bayi dengan berat badan lahir rendah di ruang NICU Alia Hospital Depok Kesimpulan: Metode kangaroo mother care ini mampu meningkatkan berat badan bayi BBLR dengan siginifikan. Saran: Diharapkan metode KMC ini dapat diterapkan di seluruh rumah sakit yang mempunyai pasien dengan bayi BBLR baik di ruang NICU atau kamar bayi sehat.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions: Skripsi > Fakultas Ilmu Kesehatan > Program Studi Keperawatan
Depositing User: - Abdurrahman -
Date Deposited: 01 Apr 2024 03:01
Last Modified: 01 Apr 2024 03:01
URI: http://repository.unas.ac.id/id/eprint/10685

Actions (login required)

View Item View Item