IMPLEMENTASI KEBIJAKAN MOBIL LISTRIK DI INDONESIA PADA STASIUN PENGISIAN KENDARAAN LISTRIK UMUM (SPKLU) (STUDI DI PROVINSI DKI JAKARTA)

Rizqullah, Alfi Fabian (2024) IMPLEMENTASI KEBIJAKAN MOBIL LISTRIK DI INDONESIA PADA STASIUN PENGISIAN KENDARAAN LISTRIK UMUM (SPKLU) (STUDI DI PROVINSI DKI JAKARTA). Bachelor thesis, Universitas Nasional.

[img] Text
FULL COVER.pdf

Download (723kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (543kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (654kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (501kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (499kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) merupakan Infrastruktur Mobil Listrik yang berperan pengisian baterai. Infrastruktur Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) ini dikembangkan oleh Kementerian Energi Sumber Daya dan Mineral (ESDM) dan PT PLN. Penelitian ini dilatar belakangi oleh beberapa permasalahan dalam pelaksanaan Kebijakan Infrastruktur Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) di Kota Jakarta Selatan yang masih sedikitnya stasiun pengisian di Kota Jakarta Selatan, dan belum berkembang secara menyeluruh terhadap tenaga ahli dan teknologi pengisian daya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Implementasi Infrastruktur Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) dalam Kebijakan Mobil Listrik di Indonesia (Studi di Provinsi DKI Jakarta). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan melakukan wawancara, observasi serta dokumentasi dilihat dari 4 (empat) dimensi, yaitu Komunikasi, Sumber Daya, Disposisi, Struktur Birokrasi. Sumber data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh secara langsung dari informan dan observasi. Sedangkan data sekunder bersumber dari data yang ada dari Kementerian Energi Sumber Daya dan Mineral (ESDM) serta dokumen-dokumen yang memiliki keterikatan masalah pada maslah yang akan diteliti. Hasil penelitian menunjukan bahwa Implementasi Kebijakan Infrastruktur Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) sudah cukup terlaksana. Namun, pada pelaksanaannya masih ada kendala yang dialami masyarakat dalam penggunaannya. Sehingga, dapat disimpulkan kembali bahwa Implementasi Kebijakan Infrastruktur Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) adalah sudah terlaksana namun belum dilakukan secara maksimal.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
H Social Sciences > HJ Public Finance
Divisions: Skripsi > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Administrasi Negara
Depositing User: - Abdurrahman -
Date Deposited: 01 Apr 2024 02:52
Last Modified: 01 Apr 2024 02:52
URI: http://repository.unas.ac.id/id/eprint/10684

Actions (login required)

View Item View Item