KOMUNIKASI SUPORTIF DENGAN TEMAN SEBAYA DALAM MENGURANGI STRES SAAT PENYUSUNAN SKRIPSI MELALUI STRATEGI KOPING STRES (KASUS PADA MAHASISWA AKTIF DI UNIVERSITAS NASIONAL, INSTITUT KESENIAN JAKARTA, dan UNIVERSITAS PEMBANGUNAN NASIONAL VETERAN JAKARTA)

Haris, Hannan Fauzi (2024) KOMUNIKASI SUPORTIF DENGAN TEMAN SEBAYA DALAM MENGURANGI STRES SAAT PENYUSUNAN SKRIPSI MELALUI STRATEGI KOPING STRES (KASUS PADA MAHASISWA AKTIF DI UNIVERSITAS NASIONAL, INSTITUT KESENIAN JAKARTA, dan UNIVERSITAS PEMBANGUNAN NASIONAL VETERAN JAKARTA). Bachelor thesis, Universitas Nasional.

[img] Text
1.Cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (776kB)
[img] Text
BAB 3.pdf

Download (713kB)
[img] Text
BAB 4.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (670kB)
[img] Text
Lampiran.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini yakni meneliti lebih jauh mengenai komunikasi suportif dengan teman sebaya melalui strategi koping stres untuk mengurangi stres saat penyusunan skripsi. Pada saat proses penyusunan skripsi, mahasiswa kerap merasakan adanya tekanan serta kondisi yang menyulitkannya, hal itu disebut sebagai stres akademik. Stres akademik yaitu suatu kondisi dimana mahasiswa merasakan adanya tekanan yang berkaitan atau disebabkan oleh tuntutan dan tekanan pada konteks akademik, salah satunya adalah skripsi. Jika mahasiswa mendapati kesulitan atau sedang dalam kondisi tertekan maka hal tersebut akan berdampak pada proses penyusunan skripsi oleh mahasiswa tersebut. Oleh sebab itu, penelitian ini akan menjelaskan secara mendalam akan komunikasi suportif teman sebaya dalam mengurangi stres saat penyusunan skripsi. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Kebaharuan penelitian ini yakni terfokus pada komunikasi suportif yang diberikan oleh teman sebaya melalui strategi koping dalam mengurangi stres saat penyusunan skripsi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa komunikasi suportif sangat penting dan dibutuhkan oleh para mahasiswa untuk mengurangi stres selama penyusunan skripsi. Komunikasi suportif yang diterima dari teman sebaya informan adalah menggunakan teori strategi komunikasi suportif oleh Simonsen dan Reyes (2003). Selain itu, tiap individu memiliki strategi koping stres nya masing – masing, strategi koping stres menurut Santrock (2011) menuturkan bahwa terdapat 6 strategi dalam mengatasi kopling , yaitu problem focused coping, social support, perilaku asertif, religion, pikiran optimis, dan program manajemen stres. Kata kunci: Komunikasi Suportif; Strategi Koping Stres; Mengurangi Stres; Mahasiswa Skripsi

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Skripsi > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Delvy Aplirizani -
Date Deposited: 27 Mar 2024 04:26
Last Modified: 27 Mar 2024 04:26
URI: http://repository.unas.ac.id/id/eprint/10607

Actions (login required)

View Item View Item