JURNALISME INVESTIGASI MISTERI KASUS PEMBUNUHAN DALAM FILM BOSTON STRANGLER (Analisis Semiotika John Fiske pada Film Boston Strangler)

Adam, Laura Putri Elishabet (2024) JURNALISME INVESTIGASI MISTERI KASUS PEMBUNUHAN DALAM FILM BOSTON STRANGLER (Analisis Semiotika John Fiske pada Film Boston Strangler). Bachelor thesis, Universitas Nasional.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (385kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (563kB)
[img] Text
BAB 3.pdf

Download (401kB)
[img] Text
BAB 4.pdf

Download (984kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (225kB)
[img] Text
DAPUS & LAMPIRAN.pdf

Download (662kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis jurnalisme investigasi misteri kasus pembunuhan dalam konteks film JURNALISME INVESTIGASI MISTERI KASUS PEMBUNUHAN (Analisis Semiotiks John Fiske pada film Boston Strangler, dengan menggunakan analisis John Fiske Realitas, Representasi dan Ideologi fokus pada analisis semiotika John Fiske pada film "Boston Strangler". Penelitian ini mendekati kasus pembunuhan sebagai naratif yang dibentuk oleh tanda-tanda dan simbol-simbol dalam film tersebut. Penelitian ini menggunakan penelitian semiotika dengan metode penelitian kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada premis Realitas digunakan sebagai kerangka kerja untuk memahami bagaimana elemen-elemen visual dan naratif film membentuk kasus pembunuhan serta bagaimana hal ini memengaruhi persepsi penonton. Penelitian ini mencakup pengamatan terhadap tanda-tanda yang digunakan dalam pembangunan naratif misteri, pengaruh media massa terhadap penciptaan opini publik terkait kasus pembunuhan, dan kritik terhadap Representasi gender dalam film. Dengan menggali kedalaman analisis semiotika John Fiske, skripsi ini memberikan kontribusi pada pemahaman tentang bagaimana media massa, melalui medium film, dapat membentuk pandangan masyarakat terhadap kasus pembunuhan. Hasil penelitian ini dapat menjadi landasan untuk pengembangan studi lebih lanjut tentang Ideologi media massa terhadap kejahatan, khususnya kasus pembunuhan, serta dampaknya terhadap pengetahuan dan sikap masyarakat. Kesimpulan dan saran yang dihasilkan dari penelitian ini dapat memberikan panduan untuk mendukung pengembangan kajian jurnalisme investigasi misteri kasus pembunuhan dalam konteks film dan media massa secara umum. Kata Kunci : Teori Semiotika John Fiske, Jurnaslime, Investigasi, Boston Strangler.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Skripsi > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Delvy Aplirizani -
Date Deposited: 27 Mar 2024 04:15
Last Modified: 27 Mar 2024 04:15
URI: http://repository.unas.ac.id/id/eprint/10602

Actions (login required)

View Item View Item