PERBANDINGAN ALGORITMA FCFS DAN FIFO MENGGUNAKAN QR-CODE PADA RUMAH MAKAN PADANG

Zein, Rayhan (2024) PERBANDINGAN ALGORITMA FCFS DAN FIFO MENGGUNAKAN QR-CODE PADA RUMAH MAKAN PADANG. Bachelor thesis, Universitas Nasional.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (570kB)
[img] Text
2. BAB I.pdf

Download (310kB)
[img] Text
3. BAB II.pdf

Download (233kB)
[img] Text
4. BAB III.pdf

Download (467kB)
[img] Text
5. BAB IV.pdf

Download (3MB)
[img] Text
6. BAB V.pdf

Download (139kB)
[img] Text
7. LAMPIRAN.pdf

Download (366kB)

Abstract

Menu aplikasi pemesanan di Rumah Makan Padang dapat memudahkan dan membuat efektif proses transaksi bagi pembeli dan penjual. Menu ini dapat dengan mudah diakses menggunakan QR-Code yang disediakan disetiap meja untuk pembeli yang makan di tempat dan dikasir untuk pembeli yang membawanya pulang. Kelebihan dari aplikasi ini tidak perlu antri dengan banyak orang dan memiliki nomor antrian berbeda karena menggunakan Algoritma First Come First Served (FCFS) dan First In First Out (FIFO). Dengan menggunakan algoritma ini akan membantu penjual untuk mengetahui pembeli yang memesan lebih dahulu sehingga penjual dapat memberikan pesanan dengan tepat dan cepat. Menu yang dapat diakses pembeli yaitu daftar menu yang dibagi menjadi empat kategori yaitu lauk, makanan, minuman, dan tambahan. Pembeli juga dapat mengetahui isi dalam paket makanan beserta harganya kemudian memilih antara dua metode pembayaran yang tersedia yaitu tunai dan non-tunai. Pada kedua pengujian ini dapat diketahui jika penggunaan algoritma FIFO memiliki sistem antrian lebih cepat daripada FCFS. Dapat dilihat dari tabel 9 perhitungan TA di ID 5 terlihat perbedaan menit yang jauh. Memiliki total TA FCFS sebanyak 244 dan total TA FIFO sebanyak 133 memiliki rata-rata TA sebesar 37,7. Bisa dilihat dari tabel perbandingan 9 FIFO sistem antriannya lebih cepat.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources > ZA4050 Electronic information resources
Divisions: Skripsi > Fakultas Teknologi Komunikasi dan Informatika > Program Studi Teknik Informatika
Depositing User: - Abdurrahman -
Date Deposited: 27 Mar 2024 03:21
Last Modified: 27 Mar 2024 03:21
URI: http://repository.unas.ac.id/id/eprint/10586

Actions (login required)

View Item View Item