KOMUNIKASI INTERAKTIF BUNDA CORLA DENGAN PENGIKUTNYA DI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM (Studi Netnografi Pada Akun Instagram @Corla_2)

Setyaningrum, Putri Wulandari (2024) KOMUNIKASI INTERAKTIF BUNDA CORLA DENGAN PENGIKUTNYA DI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM (Studi Netnografi Pada Akun Instagram @Corla_2). Bachelor thesis, Universitas Nasional.

[img] Text
COVER.pdf

Download (751kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (280kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (247kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (162kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (100kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (832kB)

Abstract

Penelitian ini bertujaun untuk mengetahui dan menganalisis Komunikasi Interaktif Bunda Corla Dengan Pengikutnya Di Media Sosial Instagram: Dilihat Dari Pendekatan Netnografi Pada Akun Instagram @Corla_2. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Teori New Media Menurut Denis McQuail (2011) yang terdiri dari Saling keterhubungan (interakonetivitas), Aksesnya terhadap khalayak individu sebagai penerima maupun pengiriman pesan, Kegunaan yang beragam sebagai karakter yang terbuka. Dengan menggunakan Metode kualitatif dengan pendekatan netnografi. Hasil penelitian menunjukan bahwa Saling keterhubungan (Interakonetivitas) ternyata Bunda Corla menjalin keterhubungan dengan para penggemarnya melalui interaksi aktif melalui Live instagram, bunda memiliki beberapa tren ucapan "yollo" atau "Anak gue," tidak hanya sekadar kata-kata, tetapi telah menjadi semacam kode bahasa yang membentuk identitas komunitasnya. Sedangkan dari premis Aksesnya terhadap khalayak individu sebagai penerima maupun pengiriman pesan, ternyata Bunda Corla menjadikan Live instagram, dan kolom komentar sebagai penerima dan pengirim pesan untuk netizen ke Bunda. Selanjutnya dilihat dari premis Kegunaan yang beragam sebagai karakter yang terbuka dalam menyajikan konten bahwa Bunda Corla mempunyai berbagai media untuk menampilkan karakternya yang terbuka dalam menerima kritik kritik dan umpan balik dengan lapang dada, berinteraksi dengan penggemar secara langsung, terlibat dalam kolaborasi dengan seniman lain,mengeksplorasi ragam gaya seni. Dengan demikian penelitian ini dapat disimpulkan Komunikasi Interaktif Bunda Corla Dengan Pengikutnya Di Media Sosial Instagram. Telah memenuhi unsur dari perspektif teori Denis Mc Quail”s. Namun demikian peneliti menyarankan Bunda Corla bisa menggunakan dan memanfaatkan media sosial Instagram menjadi lebih bijak dalam komunikasinya dengan pengikut dan masyarakat. Kata Kunci: Kontroversial, Bunda Corla, Instagram

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Skripsi > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Miss Rahma Rahmawati
Date Deposited: 27 Mar 2024 02:44
Last Modified: 27 Mar 2024 02:44
URI: http://repository.unas.ac.id/id/eprint/10577

Actions (login required)

View Item View Item