NGOPI SEBAGAI BUDAYA (Studi Kasus Pada Pelanggan Kedai Kopi Lima Detik Gerai Menara Mandiri Jakarta)

Nurhikmah, Fita (2024) NGOPI SEBAGAI BUDAYA (Studi Kasus Pada Pelanggan Kedai Kopi Lima Detik Gerai Menara Mandiri Jakarta). Bachelor thesis, Universitas Nasional.

[img] Text
1.COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (647kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (490kB)
[img] Text
BAB 3.pdf

Download (449kB)
[img] Text
BAB 4.pdf

Download (955kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (363kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (877kB)

Abstract

Budaya populer saat ini semakin berkembang dan bervariatif. Budaya populer yang identik dengan budaya massa merupakan sebuah kegiatan yang dilakukan secara bersaaman tanpa adanya latar belakang agama, budaya, ras, ataupun suku di dalamnya. Budaya ngopi yang saat ini banyak dilakukan oleh masyarakat Indonesia juga merupakan bagian dari budaya populer karena adanya karakteristik konsumerisme, hedonisme, materialisme, gaya, ikon dan juga penyeragaman rasa. Dari fenomena tersebut penelitian ini bertujuan untuk menggali makna pada budaya ngopi dengan tema penelitian Ngopi Sebagai Budaya (Studi Kasus Pada Pelanggan Kedai Kopi Lima Detik Gerai Menara Mandiri Jakarta) berdasarkan konsep diri, perbuatan, objek, interaksi sosial, dan tindakan bersama menggunakan teori interaksionisme simbolik dan juga pemaparan budaya populer. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi, dengan teknik pengumpulan data adalah dengan melakukan wawancara mendalam dengan informan pelanggan dan barista serta pramusaji kedai kopi Lima Detik Menara Mandiri, observasi langsung dan dokumentasi. Teknik analisis data penelitian ini melalui proses reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan, serta menggunakan teknik triangulasi sumber sebagai keabsahan data. Dari hasil yang didapatkan pada penelitian ini adalah bahwa pemaknaan ngopi sebagai budaya pada pelanggan kedai kopi Lima Detik Menara Mandiri adalah sebagai bagian dari eksistensi diri, adanya rasa takut akan perasaan tertinggal, melihat budaya ngopi sebagai ikon dari tindakannya dan juga sebagai hiburan serta penyeragaman rasa dengan melakukan tindakan yang sama secara bersama-sama.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GF Human ecology. Anthropogeography
H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Skripsi > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: - Abdurrahman -
Date Deposited: 26 Mar 2024 07:10
Last Modified: 26 Mar 2024 07:10
URI: http://repository.unas.ac.id/id/eprint/10543

Actions (login required)

View Item View Item