KOMUNIKASI PERSUASIF GURU PADA SISWA BERBAKAT DI SLB NEGERI 1 KOTA BOGOR DALAM MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI UNTUK MENGIKUTI LOMBA

Melinda, Firda (2024) KOMUNIKASI PERSUASIF GURU PADA SISWA BERBAKAT DI SLB NEGERI 1 KOTA BOGOR DALAM MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI UNTUK MENGIKUTI LOMBA. Bachelor thesis, Universitas Nasional.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (416kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (894kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (461kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (835kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (263kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Berdasarkan pada latar belakang masalah yaitu dimana komunikasi persuasif berkaitan dengan menarik siswa untuk dapat meningkatkan kepercayaan diri dengan tujuan pengembangan bakatnya. Bagaimana komunikasi persuasif yang disampaikan guru menjadi faktor besar dalam tujuan siswa berbakat. Peneliti mencoba mengulas mengenai komunikasi persuasif yang digunakan oleh guru kepada siswa berkebutuhan khusus yang memiliki bakat, karena guru disekolah ialah mereka yang bertugas menyampaikan bimbingan dalam upaya pengembangan bakat mereka serta mendampingi mereka dalam kegiatan kompetisi dengan tujuan prestasi siswa. Kurangnya rasa percaya diri pada siswa mempengaruhi mereka untuk ikut serta dalam kegiatan bakatnya seperti lomba sehingga peran guru sangat penting dalam menopang dan juga membimbing peningkatan kepercayaan diri mereka Beberapa faktor yang telah dikemukakan di atas dalam meningkatkan kepercayaan diri, terdapat bentuk komunikasi persuasif yang dilakukan oleh guru pada siswa berbakat. Tujuannya dari penelitian ini ialah untuk mengetahui komunikasi persuasif yang digunakan oleh guru dalam meningkatkan kepercayaan diri siswa berbakat di SLB Negeri 1 Kota Bogor. Penelitian yang dilakukan ini mendasari dari teori pengaruh sosial, karena mempunyai dasar pada kepatuhan, identifikasi, dan internalisasi dalam proses komunikasi. Peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan obsevasi, wawancara, dan dokumentasi. Dari hasil penelitian bahwa komunikasi persuasif yang digunakan guru kepada siswa berbakat menggunakan metode pembinaan dengan 3 komponen (Afektif, Kognitif dan Perilaku) dimana dalam penyampaian komunikasi terdapat beberapa cara yang menginisiasi dalam peningkatana kepercayaan diri siswa berbakat secara berkelanjutan dan juga dengan mengutamakan unsur tanpa paksaan. Komunikasi persuasif yang guru terapkan pada siswa berbakat di SLB Negeri 1 Kota Bogor sudah terbilang efektif dalam membantu pengembangan bakat siswa serta peningkatan kepercayaan diri siswa dan juga menjadikan siswa tertarik untuk mengikuti lomba. Dalam hal menumbuhkan kepercayaan diri siswa guru juga mendapatkan hambatan karena adanya kekurangan dari siswa, namun setiap hambatan belum menjadi faktor yang sangat besar sehingga itu semua dapat diatasi dengan berbagai cara yang digunakan oleh guru.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
R Medicine > RZ Other systems of medicine
Divisions: Skripsi > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: - Abdurrahman -
Date Deposited: 26 Mar 2024 07:02
Last Modified: 26 Mar 2024 07:02
URI: http://repository.unas.ac.id/id/eprint/10542

Actions (login required)

View Item View Item