POLA KOMUNIKASI ANTAR PRIBADI DALAM MENJAGA KOMITMEN (Studi kasus Pada Pasangan Suami Istri yang Istrinya Bekerja dan Kuliah)

Mariane, Desi Megantara (2024) POLA KOMUNIKASI ANTAR PRIBADI DALAM MENJAGA KOMITMEN (Studi kasus Pada Pasangan Suami Istri yang Istrinya Bekerja dan Kuliah). Bachelor thesis, Universitas Nasional.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (322kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (444kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (174kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (424kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (146kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Komunikasi merupakan fondasi utama dalam menjalin hubungan dengan orang lain. Dalam setiap percakapan, kunci keberhasilan terletak pada kesamaan makna yang terbentuk dari dialog antara dua individu. Pernikahan dianggap sebagai tonggak penting yang membawa potensi untuk membentuk keluarga, berbagi hidup bersama, dan menghadapi tantangan bersama. Pernikahan diartikan sebagai kesatuan yang melibatkan peran dan elemen yang saling terkait, membentuk suatu hubungan dinamis di mana interaksi dan pengaruh antarindividu sangat signifikan. Setiap elemen atau peran yang ada memiliki dampak terhadap keseimbangan dan kelangsungan hubungan pernikahan tersebut. Jenis pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dan jenis pendekatan penelitian ini adalah deskriptif. Penelitian yang berusaha untuk menuturkan pemecahan masalah yang ada sekarang berdasarkan data-data, menyajikan gambaran yang sistematis, faktual, dan tepat mengenai fakta dan karakteristik populasi atau objek yang diteliti. Ketiga pasangan informan jarang mengalami ketegangan satu sama lain dan ada pertengkaran yang berkepanjangan akibat perbedaan pemikiran yang muncul akibat kesibukan keseharian masing-masing pasangan. Menunjukkan sikap terbuka terhadap segala aspek yang dapat menjadi pemicu konflik dalam hubungan mereka. Dalam menghadapi peran ganda yang dilakukan ini, komitmen dari kedua pasangan menjadi fondasi yang kuat. Komitmen tersebut mencakup saling mendukung, memahami, dan beradaptasi dengan dinamika perubahan yang mungkin terjadi dalam rutinitas sehari- hari. Pentingnya komunikasi terbuka menjadi nyata, di mana pasangan perlu saling berbagi harapan, kebutuhan, dan tantangan yang dihadapi. keseluruhan, pola komunikasi interpersonal pada pasangan suami istri yang seimbang memerlukan kombinasi kejujuran, empati, sikap positif dan saling mendengarkan. Ketika komunikasi Universitas Nasional didasarkan pada prinsip-prinsip ini, hubungan antarindividu dapat berkembang dengan baik, menciptakan lingkungan yang positif dan mendukung pertumbuhan bersama. Dengan memahami dan menghargai kebutuhan serta perspektif satu sama lain, orang dapat membentuk hubungan interpersonal yang kuat dan berkelanjutan. Kata Kunci: Komunikasi, Pernikahan, Komunikasi Antarpribadi

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Skripsi > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: - Abdurrahman -
Date Deposited: 26 Mar 2024 06:53
Last Modified: 26 Mar 2024 06:53
URI: http://repository.unas.ac.id/id/eprint/10536

Actions (login required)

View Item View Item