KOMUNIKASI ANTAR PRIBADI BARISTA DALAM MEMPERTAHANKAN KEPUASAN PELANGGAN DI STARBUCKS MALL METROPOLITAN BEKASI

Ibrahim, Zaldy Malik (2024) KOMUNIKASI ANTAR PRIBADI BARISTA DALAM MEMPERTAHANKAN KEPUASAN PELANGGAN DI STARBUCKS MALL METROPOLITAN BEKASI. Bachelor thesis, Universitas Nasional.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (646kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (542kB)
[img] Text
BAB 3.pdf

Download (334kB)
[img] Text
BAB 4.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (240kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Dalam dunia bisnis, pentingnya komunikasi antarpribadi tak terbantahkan, terutama dalam upaya meningkatkan dan mempertahankan kepuasan pelanggan di tengah persaingan yang ketat, seperti dalam industri Coffee Shop. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Komunikasi Antar Pribadi Barista dalam Mempertahankan Kepuasan Pelanggan di Starbucks Mall Metropolitan Bekasi. Teori komunikasi interpersonal yang digunakan didasarkan pada konsep yang dikembangkan oleh Devito (1989) dan Model yang digunakan, yaitu model Two Ways Symmetrical. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif, dengan data yang dikumpulkan melalui wawancara mendalam dengan informan serta pengamatan partisipatif. Analisis data dilakukan melalui tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komunikasi interpersonal barista di Starbucks Mall Metropolitan Bekasi menggambarkan proses komunikasi yang interaktif, dengan pendekatan yang dikembangkan melalui storytelling. Barista menunjukkan sikap yang mencerminkan komunikasi interpersonal yang berkualitas, seperti keterbukaan, empati, sikap mendukung, sikap positif, dan kesetaraan. Pola komunikasi verbal dan nonverbal terhadap pelanggan tercermin dalam penampilan yang rapi, kalimat tutur kata yang ramah, serta sambutan yang hangat kepada pelanggan yang datang. Selain itu, gerakan tubuh seperti penggunaan tangan yang menunjukkan penghargaan terhadap pelanggan juga menjadi bagian dari komunikasi nonverbal yang efektif dari barista. Kata Kunci: Komunikasi Antar Pribadi, Kepuasan Pelanggan

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HF Commerce
Divisions: Skripsi > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Miss Rahma Rahmawati
Date Deposited: 26 Mar 2024 06:34
Last Modified: 26 Mar 2024 06:34
URI: http://repository.unas.ac.id/id/eprint/10528

Actions (login required)

View Item View Item