DINAMIKA KELOMPOK ORGANISASI MAHASISWA SEBAGAI MEDIA KOMUNIKASI POLITIK DAN MINAT AKTIVIS MAHASISWA PADA POLITIK (Studi Pada Mahasiswa Pengurus Himpunan Mahasiswa Ilmu Komunikasi Unas)

EPRIYANTI, AULIA SARAH OKTAFIANA (2024) DINAMIKA KELOMPOK ORGANISASI MAHASISWA SEBAGAI MEDIA KOMUNIKASI POLITIK DAN MINAT AKTIVIS MAHASISWA PADA POLITIK (Studi Pada Mahasiswa Pengurus Himpunan Mahasiswa Ilmu Komunikasi Unas). Bachelor thesis, Universitas Nasional.

[img] Text
COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (326kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (613kB)
[img] Text
BAB 3.pdf

Download (306kB)
[img] Text
BAB 4.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (199kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis bagaimanakah dinamika kelompok dalam organisasi mahasiswa sebagai media komunikasi dan minat aktivis mahasiswa pada politik. Dengan menggunakan teori Media Komunikasi Politik terdiri atas, Organisasi, Interpersonal, Media massa, Kelompok kepentingan. Metode kualitatif, pendekatan interpretatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa: dilihat dari premis Organisasi bahwa dinamika kelompok organisasi mahasiswa sebagai media komunikasi politik di wadahi aktivitasnya melalui Himakom, karena mahasiswa unas tidak mempunyai organisasi setingkat universitas seperti Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM). sedangkan premis Interpersonal, ternyata secara interpersonal anggota organisasi himakom hanya memiliki aktifitas dalam kelompok organisasi termasuk dalam mengkomunikasikan minat terhadap politik dari masing-masing anggota. Premis ketiga Media massa, dinamika kelompok dalam organisasi himakom hanya memanfaatkan media tv unas atau media sosial group dalam berbincang minat terhadap politik. Dan keempat yaitu, Kelompok kepentingan hasil penelitian menunjukan bahwa dinamika kelompok dalam organisasi himakom bagi aktivisnya tidak memiliki kepentingan politik juga minat terhadap organisasi politik diluar kelompoknya. Dengan demikian kesimpulan dalam penelitian ini yaitu, dinamika kelompok organisasi mahasiswa sebagai media komunikasi politik dan minat mahasiswa pada politik yang dilakukan oleh pengurus organisasi mahasiswa ilmu komunikasi (Himakom), hanya memenuhi tiga premis dari perspektif teori komunikasi politik sedangkan premis kelompok kepentingan tidak ditemukan dalam penelitian ini. Dengan demikian peneliti menyarankan bagi aktivis himakom untuk lebih mengembangkan dinamika kelompoknya dengan organisasi diluar kampus, untuk mengasah minat pengurus sebagai aktivis mahasiswa terhadap politik. Kata kunci: Komunikasi politik, Minat aktivis mahasiswa, Dinamika politik

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Skripsi > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: - Abdurrahman -
Date Deposited: 26 Mar 2024 05:02
Last Modified: 26 Mar 2024 05:02
URI: http://repository.unas.ac.id/id/eprint/10515

Actions (login required)

View Item View Item