PENGARUH INOVASI LAYANAN SAHABAT PEREMPUAN DAN ANAK (SAPA) TERHADAP PENANGANAN KASUS KEKERASAAN DI JAKARTA SELATAN TAHUN 2023

Rahayu, Vianty (2024) PENGARUH INOVASI LAYANAN SAHABAT PEREMPUAN DAN ANAK (SAPA) TERHADAP PENANGANAN KASUS KEKERASAAN DI JAKARTA SELATAN TAHUN 2023. Bachelor thesis, Universitas Nasional.

[img] Text
COVER.pdf

Download (527kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (379kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (321kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (406kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (408kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (215kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (748kB)

Abstract

Layanan Sahabat Perempuan dan Anak (SAPA) merupakan praktik dari Peraturan Presiden Nomor 65 Tahun 2020, yang memperluas peran Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Kemen PPPA) sebagai penyedia layanan terakhir bagi perempuan korban kekerasan. SAPA menerima laporan kekerasan terhadap perempuan melalui Call Center SAPA 129 atau pesan WhatsApp di nomor 08111-129-129. Meskipun menghadapi tantangan dalam proses pengaduan, hal ini dapat mempengaruhi kepercayaan masyarakat terhadap layanan tersebut di seluruh Indonesia. Penelitian ini bertujuan mengevaluasi dampak Inovasi Layanan SAPA oleh Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Anak terhadap kepercayaan masyarakat dalam menangani kasus kekerasan di Jakarta Selatan. Metode penelitian menggunakan teori Inovasi Layanan Dhewanto (2014) dan Teori Kepercayaan Masyarakat Johnson & Johnson (1997). Penelitian ini menggunakan survei dengan sampel 100 orang, yang dipilih secara acak sederhana. Hasil penelitian menunjukkan korelasi sebesar 0,888. Hasil uji hipotesis menunjukkan pengaruh signifikan antara Inovasi Layanan SAPA dan kepercayaan masyarakat di Jakarta Selatan tahun 2023, dengan nilai thitung sebesar 8,441, melebihi ttabel sebesar 1,660. Hal ini menolak H0 dan menerima Ha, menunjukkan hubungan yang signifikan antara inovasi layanan dan kepercayaan masyarakat dalam penanganan kasus kekerasan di Jakarta Selatan tahun 2023. Kesimpulannya, semakin baik inovasi layanan, semakin meningkat tingkat kepercayaan masyarakat, dan sebaliknya

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Skripsi > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Administrasi Negara
Depositing User: - Abdurrahman -
Date Deposited: 26 Mar 2024 04:22
Last Modified: 27 Mar 2024 02:47
URI: http://repository.unas.ac.id/id/eprint/10507

Actions (login required)

View Item View Item