ANALISIS AKUNTABILITAS DAN TRANSPARANSI PENGELOLAAN ANGGARAN PENDAPATAN DAN BELANJA DAERAH (APBD) KABUPATEN BOGOR TAHUN 2022

Sari, Rina Dellia (2024) ANALISIS AKUNTABILITAS DAN TRANSPARANSI PENGELOLAAN ANGGARAN PENDAPATAN DAN BELANJA DAERAH (APBD) KABUPATEN BOGOR TAHUN 2022. Bachelor thesis, Universitas Nasional.

[img] Text
Cover .pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (461kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (796kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (496kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (150kB)
[img] Text
Lampiran.pdf

Download (2MB)

Abstract

Dalam era reformasi saat ini, pengelolaan anggaran di berbagai daerah harus transparan dan akuntabel. Beberapa penelitian sebelumnya telah melakukan pengujian akuntabilitas dan transparansi pemerintah daerah dalam pengelolaa n APBD. Dimana penelitian-penelitian tersebut menganalisis akuntabilitas dan transparansi terhadap beberapa daerah. Dengan adanya penelitian diatas peneliti berusaha menguji tingkat akuntabilitas Pemerintah Daerah dalam mengelo la Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Bogor. Hal ini merupakan sesuatu yang menarik untuk dikaji lebih lanjut, guna mengeval uasi sejauh mana penerapan kedua prinsip tersebut serta menemukan solusi perbaikan dalam rangka meningkatkan kualitas pengelolaan keuangan daerah di masa mendatang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dimana metode penelitian kualitatif merupakan metode ilmiah yang sering digunakan oleh peneliti di bidang ilmu sosial. Berdasarkan hasil analisis peneliti terhadap akuntabilitas dan transparansi pengelolaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Bogor Tahun 2022 Pada Kantor Badan Pengelolaa n Pendapatan Daerah (Bappenda) Kabupaten Bogor dapat ditarik dari hasil penelit ian yang dilaksanakan. Maka saran yang dapat diberikan oleh peneliti terkait Akuntabilitas dan Transparansi Pengelolaan APBD Kabupaten Bogor Tahun 2022 yaitu Bappenda Kabupaten Bogor dapat meningkatkan minat dan partisipasi masyarakat mengenai keuangan daerah, seperti melakukan sosialisasi atau menarik perhatian masyarakat dengan konten-konten edukasi mengenai keuangan lewat media massa/media sosial agar literasi keuangan masyarakat dapat meningkat.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HA Statistics
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Skripsi > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Administrasi Negara
Depositing User: - Abdurrahman -
Date Deposited: 26 Mar 2024 04:05
Last Modified: 26 Mar 2024 04:05
URI: http://repository.unas.ac.id/id/eprint/10502

Actions (login required)

View Item View Item