PROBLEMATIKA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DALAM IMPLEMENTASI PENDIDIKAN INKLUSIF (Studi Kasus SMAN 68 Jakarta)

Frederica, Thioria Ursula (2024) PROBLEMATIKA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DALAM IMPLEMENTASI PENDIDIKAN INKLUSIF (Studi Kasus SMAN 68 Jakarta). Bachelor thesis, Universitas Nasional.

[img] Text
COVER.pdf

Download (774kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (313kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (352kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (176kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (554kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (149kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Kehadiran pendidikan inklusif muncul dari ketidakseimbangan antara jumlah SLB dengan jumlah ABK yang menyebabkan mereka tidak mendapat hak pendidikan, terutama mereka yang berada di luar pulau Jawa. Tujuan penelitian untuk mengetahui problematika yang dihadapi oleh siswa anak berkebutuhan khusus dan perlakukan oleh guru dan teman di SMA Negeri 68 Jakarta. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif dan teori yang digunakan adalah pendidikan inklusif dikaitkan dengan konsep diri. Peneliti menggunakan teknik purposive sampling untuk memilih sepuluh informan yakni wakil kepala sekolah, guru, anak berkebutuhan khusus, anak normal, dan orang tua. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa SMA Negeri 68 SMA Negeri 68 Jakarta telah menerapkan kebijakan yang sejalan dengan arahan pemerintah, yaitu menerima siswa berkebutuhan khusus. Namun dalam pelaksanaan, anak berkebutuhan khusus menghadapi berbagai problematika. Pertama, kurangnya guru secara kualitas dan kuantitas. Kedua, metode pengajaran guru yang masih belum sesuai dengann kemampuan anak berkebutuhan khusus. Terakhir, adanya masalah emosional ABK akibat diskriminasi verbal maupun nonverbal dari teman sebaya bahkan anak berkebutuhan khusus. Meskipun demikian, anak-anak tersebut dapat berkembang dan berinteraksi dengan guru dan teman di sekolah. Dua anak diantaranya aktif mengikuti kompetisi dan berhasil meraih prestasi akademik dan non-akademik. Kata Kunci : Pendidikan Inklusif, Anak Berkebutuhan Khusus, Problematika, Konsep Diri.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Skripsi > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: Delvy Aplirizani -
Date Deposited: 26 Mar 2024 04:06
Last Modified: 26 Mar 2024 04:07
URI: http://repository.unas.ac.id/id/eprint/10501

Actions (login required)

View Item View Item