HUBUNGAN PENERAPAN PATIENT SAFETY DENGAN KEPUASAN PASIEN DI RUANG RAWAT INAP DEWASA DI RUMAH SAKIT X JAKARTA

Sephtyandhini, Siska (2024) HUBUNGAN PENERAPAN PATIENT SAFETY DENGAN KEPUASAN PASIEN DI RUANG RAWAT INAP DEWASA DI RUMAH SAKIT X JAKARTA. Bachelor thesis, Universitas Nasional.

[img] Text
COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (243kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (319kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (250kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (154kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (111kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Latar belakang : Data WHO (World Health Organization) (2015), kepuasan terhadap pelayanan kesehatan di berbagai rumah sakit di dunia mencapai 60,6%.Ketidakpuasan pasien terhadap pelayanan keperawatan di Indonesia saat ini masih menjadi masalah. Data kepuasan pasien di salah satu rumah sakit umum daerah di Indonesia didapatkan 70%.Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengakui keselamatan pasien adalah masalah kesehatan masyarakat global yang serius. Menurut data 2017, 421 juta orang dirawat di rumah sakit setiap tahun di seluruh dunia, dan sekitar 42,7 juta. Indonesia melaporkan total kejadian Insiden Keselamatan Pasien (IKP) pada tahun 2015- 2019 meningkat secara signifikan. Tujuan : Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui adanya hubungan penerapan patien safety dengan kepuasan pasien di ruang rawat inap dewasa RS Aulia.. Metodologi : Penelitian ini menggunakan metode desain deskriptif korelatif dengan pendekatan cross sectional. Teknik pengambilan sampel menggunakan Non probability sampling dengan teknik Purposive sampling. Sampel yang diperoleh sebanyak 74 responden menggunakan rumus slovin. Uji statistik yang digunakan adalah chi –square. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner. Hasil Penelitian : Penelitian ini menunjukkan adanya hubungan penerapan patient safety dengan kepuasan pasien rawat inap dewasa RS Aulia. Hal tersebut dibuktikan dengan uji chi – square diperoleh nilai p – value :0,002 (p<0,05). Simpulan dan Saran : Bahwa penerapan patient safety dapat mempengaruhi kepuasan pasien. Bagi institusi pelayanan kesehatan diharapkan perawat dapat terus meningkatkan dan mempertahankan pelayanan kepada pasien, salah satunya penerapan patient safety agar pasien yang di rawat merasa puas. Kata kunci : Patient safety, Kepuasan pasien, Ranap Dewasa Kepustakaan : 34 Pustaka (2012-2023)

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: L Education > L Education (General)
R Medicine > RA Public aspects of medicine
Divisions: Skripsi > Fakultas Ilmu Kesehatan > Program Studi Keperawatan
Depositing User: Delvy Aplirizani -
Date Deposited: 26 Mar 2024 03:51
Last Modified: 26 Mar 2024 03:51
URI: http://repository.unas.ac.id/id/eprint/10493

Actions (login required)

View Item View Item