PENDEKATAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL ANTARA PIMPINAN DENGAN KARYAWAN DALAM UPAYA MENINGKATKAN KINERJA (STUDI KASUS PADA RELASI KEPALA DIVISI DENGAN KARYAWAN DIVISI SDM PADA KANTOR PUSAT PT. BGR LOGISTIK INDONESIA)

Fitrio, Achmad Fauzan (2024) PENDEKATAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL ANTARA PIMPINAN DENGAN KARYAWAN DALAM UPAYA MENINGKATKAN KINERJA (STUDI KASUS PADA RELASI KEPALA DIVISI DENGAN KARYAWAN DIVISI SDM PADA KANTOR PUSAT PT. BGR LOGISTIK INDONESIA). Bachelor thesis, Universitas Nasional.

[img] Text
Cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (381kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (289kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (250kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (215kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pendekatan komunikasi interpersonal yang antara pimpinan dengan karyawan dan mengetahui upaya meningkatkan kinerja karyawan. Teori yang digunakan dalam penelitian ini ialah teori kebutuhan hubungan interpersonal William Schutz (dalam Sarmiati E.R, 2019) dengan 3 unsur: (1) inklusi, (2) Afeksi, dan (3) kontrol. Pendekatan penelitian ini ialah kualitatif dengan menggunakan metode studi kasus, dimana penulis menjelaskan pendekatan komunikasi interpersonal yang dilakukan oleh pimpinan dalam upaya meningkatkan kinerja karyawan dari kacamata penulis, dengan 3 orang informan yang dipilih secara purposive, yaitu 1 orang informan kunci yang berasal dari Divisi SDM, Kepala divisi SDM, yaitu Pras lalu 2 orang informan utama yaitu Amin dan Fadel, karyawan Divisi SDM. Hasil temuan penelitian ini memperlihatkan pemenuhan unsur inklusi yang tercermin dari sudah terjalinnya interaksi yang intens antara Kepala divisi SDM dengan karyawan Divisi SDM, maupun sesama dengan karyawan Divisi SDM, menciptakan lingkungan kerja yang mendukung kebutuhan sosial dan emosional karyawan sehingga merasa diterima, diakui, dan dihargai dalam Divisi SDM sebagai sebuah tim. Unsur kontrol terlihat bahwa dalam pengambilan keputusan akhir tetap pada Kepala divisi SDM berfokus pada pemahaman dan kebutuhan perusahan dengan tetap memberikan kesempatan kepada karyawan untuk masukkan, rekomendasi dan usulan sehingga karyawan merasa pendapatnya didengar. Sementara unsur afeksi tergambar kehangatan hubungan emosional dan perhatian personal yang dibangun oleh Kepala divisi SDM berdampak positif terhadap motivasi kerja karyawan sehingga mereka cenderung berkomitmen terhadap pekerjaan. Kemudian apabila dilihat dari sisi karyawan unsur inklusi lebih mendominasi. Dapat disimpulkan bahwa pendekatan komunikasi interpersonal yang dilakukan oleh Kepala divisi SDM sudah berhasil terlaksanakan dengan baik dan memenuhi semua unsur-unsur yang ada pada teori kebutuhan hubungan interpersonal William Schutz. Penulis memiliki saran untuk mengatasi hambatan komunikasi, membuat strategi komunikasi khusus yang efektif saat digunakan oleh pimpinan dengan karyawan mengenai pekerjaan yang terhambat dalam aplikasi Adinda sehingga tidak ada lagi keterhambatan dalam mengupdate terbaru tentang pekerjaan yang telah disampaikan di aplikasi Adinda.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Skripsi > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: - Abdurrahman -
Date Deposited: 26 Mar 2024 03:43
Last Modified: 26 Mar 2024 03:43
URI: http://repository.unas.ac.id/id/eprint/10488

Actions (login required)

View Item View Item