ANALISIS FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN HARGA DIRI PADA MAHASISWA KEPERAWATAN FAKULTAS ILMU KESEHATAN UNIVERSITAS NASIONAL

Sahira, Adinda (2024) ANALISIS FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN HARGA DIRI PADA MAHASISWA KEPERAWATAN FAKULTAS ILMU KESEHATAN UNIVERSITAS NASIONAL. Bachelor thesis, Universitas Nasional.

[img] Text
COVER.pdf

Download (634kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (176kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (85kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (429kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (568kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (137kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)

Abstract

Latar Belakang : Masa remaja merupakan fase transisi, dimana seseorang menghadapi perubahan dari satu fase perkembangan menuju fase selanjutnya. Masalah yang umum terjadi saat remaja adalah rendahnya harga diri. Faktor yang memiliki dampak pada harga diri melibatkan jenis kelamin, aspek sosial dan ekonomi, usia, kondisi lingkungan, keluarga, teman sebaya dan indeks massa tubuh. Tujuan : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara dukungan keluarga, dukungan teman sebaya, jenis kelamin, indeks masa tubuh dan faktor lingkungan dengan harga diri mahasiswa keperawatan Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Nasional. Metodologi Penelitian : Penelitian ini menggunakan desain penelitian cross sectional.Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik propotional random sampling dengan melibatkan 203 responden. Instrument penelitian ini terdiri dari kuesioner harga diri, kuesioner dukungan teman sebaya, kuesioner dukungan keluarga dan kuesioner faktor lingkungan. Kuesioner ini telah diuji validitas dan reliabilitas dengan nilai cronbach’s alpha > cronbach alpha standart. Data dianalisis menggunakan chi-square untuk mengetahui adanya hubungan antar variabel. Hasil Penelitian : Terdapat hubungan antara indeks massa tubuh dengan harga diri (ρ value = 0,049) dan terdapat hubungan antara dukungan keluarga dengan harga diri (ρ value = 0,007). Kesimpulan : Ada hubungan antara indeks massa tubuh dan dukungan keluarga dengan harga diri. Saran : Diharapkan hasil penelitian ini dapat dipelajari dengan baik agar tingkat harga diri di kalangan remaja dapat dipertahankan berada dalam kategori harga diri tinggi dan terus mengalami peningkatan.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
R Medicine > RT Nursing
Divisions: Skripsi > Fakultas Ilmu Kesehatan > Program Studi Keperawatan
Depositing User: Miss Rahma Rahmawati
Date Deposited: 26 Mar 2024 03:30
Last Modified: 26 Mar 2024 03:30
URI: http://repository.unas.ac.id/id/eprint/10484

Actions (login required)

View Item View Item