KONTRIBUSI SEA GAMES KE-30 SEBAGAI DIPLOMASI PUBLIK DAN NATION BRANDING NEGARA FILIPINA PADA TAHUN 2019

RAHAYU, RINA (2024) KONTRIBUSI SEA GAMES KE-30 SEBAGAI DIPLOMASI PUBLIK DAN NATION BRANDING NEGARA FILIPINA PADA TAHUN 2019. Bachelor thesis, Universitas Nasional.

[img] Text
1. Cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. Bab I.pdf

Download (491kB)
[img] Text
3. Bab II.pdf

Download (519kB)
[img] Text
4. Bab III.pdf

Download (360kB)
[img] Text
5. Bab IV.pdf

Download (817kB)
[img] Text
6. Bab V.pdf

Download (586kB)
[img] Text
7. Bab VI.pdf

Download (233kB)
[img] Text
8. Lampiran.pdf

Download (1MB)

Abstract

SEA Games merupakan pesta olahraga di kawasan Asia Tenggara yang secara konsisten digelar setiap dua tahun sekali dengan sistem hosting dilakukan secara bergilir antar negara anggota. Perhalatan ini diadakan dengan maksud meningkatkan hubungan baik, kerjasama, serta bentuk toleransi di kawasan Asia Tenggara. Rumusan masalah dalam penelitian ini berupa pertanyaan penelitian, yaitu: “Bagaimana kontribusi SEA Games Ke-30 menjadi alat diplomasi publik dan nation branding dari negara Filipina pada tahun 2019?”. Penelitian ini menggunakan teori diplomasi publik dan konsep nation branding untuk melihat bagaimana upaya negara Filipina membangun dan memperbaiki citra negara mereka di kancah internasional melalui perhelatan SEA Games ke-30 tahun 2019. Metode penelitian yang digunakan ialah metode kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Penelitian ini melihat apakah penyelenggaraan acara olahraga dapat memberikan peningkatan citra bagi suatu negara. Acara olahraga yang dimaksud dalam penelitian ini adalah SEA Games ke-30 pada tahun 2019. Filipina sebagai tuan rumah penyelenggara berupaya menghapus stereotif masyarakat internasional mengenai isu terorisme yang sebelumnya pernah terjadi sehingga membuat citra Filipina memburuk. Penyelenggaraan acara olahraga dapat memberikan kesempatan sebagai upaya memperbaiki citra negara. Perhelatan yang berlangsung aman dengan segala persiapan strategi dilakukan untuk menarik perhatian publik serta menepis isu negatif di Filipina. Kata Kunci SEA Games, Diplomasi Publik, Nation Branding

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
J Political Science > JQ Political institutions Asia
Divisions: Skripsi > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Hubungan Internasional
Depositing User: Miss Rahma Rahmawati
Date Deposited: 26 Mar 2024 02:47
Last Modified: 26 Mar 2024 02:47
URI: http://repository.unas.ac.id/id/eprint/10467

Actions (login required)

View Item View Item