IMPLEMENTASI PROGRAM PEMBERIAN MAKANAN TAMBAHAN – PEMULIHAN (PMT–P) PADA PUSKESMAS KECAMATAN PASAR REBO JAKARTA TIMUR TAHUN 2022

Lutfita, Amira (2024) IMPLEMENTASI PROGRAM PEMBERIAN MAKANAN TAMBAHAN – PEMULIHAN (PMT–P) PADA PUSKESMAS KECAMATAN PASAR REBO JAKARTA TIMUR TAHUN 2022. Bachelor thesis, Universitas Nasional.

[img] Text
COVER.pdf

Download (724kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (344kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (292kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (267kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Program PMT-P adalah program pemerintah yang membantu anak-anak dalam memperhatikan nilai gizi dan mendapatkan asupan gizi seimbang dari biskuit. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh tingkat status gizi balita di Puskesmas Kecamatan Pasar Rebo, yang menunjukkan bahwa balita lebih sering kekurangan gizi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi program Pemberian Makanan Tambahan – Pemulihan (PMT-P) pada Puskesmas Kecamatan Pasar Rebo Jakarta Timur Tahun 2022. Penelitian ini mengacu pada indikator teori yang dikemukakan oleh Charles O.Jones dalam Agustino, yaitu Organisasi, Interpretasi, dan Penerapan. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan menggunakan metode kualitatif. Adapun sumber data yang digunakan adalah data-data primer yang diperoleh secara langsung dari informan dan hasil observasi penulis. Data sekunder bersumber dari data Puskesmas Kecamatan Pasar Rebo serta dokumen yang digunakan dalam penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi program PMT-P telah dilaksanakan sesuai dengan tujuan program yaitu meningkatkan status gizi balita. Namun, peneliti juga mengungkap beberapa kendala yang dihadapi, seperti kurangnya pemantauan dan petunjuk teknis program dari Tenaga Pelaksana Gizi (TPG) dan kader posyandu, kurangnya pembinaan kepada ibu balita dalam pengolahan PMT- P. Dengan demikian, untuk menghasilkan hasil yang diharapkan, indikator implementasi program masih ada yang perlu diperbaiki agar berkurangnya status gizi kurang balita.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Skripsi > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Administrasi Negara
Depositing User: - Abdurrahman -
Date Deposited: 26 Mar 2024 02:46
Last Modified: 26 Mar 2024 02:46
URI: http://repository.unas.ac.id/id/eprint/10466

Actions (login required)

View Item View Item