RESPON MASYARAKAT TERHADAP KEBIJAKAN TRANSPORTASI PUBLIK TERINTEGRASI DI DKI JAKARTA (Studi Kasus Dampak Keberadaan Jaklingko Terhadap Keberlanjutan Angkutan Kota Konvensional Di Jakarta)

Waluyo, Putri Aulia (2024) RESPON MASYARAKAT TERHADAP KEBIJAKAN TRANSPORTASI PUBLIK TERINTEGRASI DI DKI JAKARTA (Studi Kasus Dampak Keberadaan Jaklingko Terhadap Keberlanjutan Angkutan Kota Konvensional Di Jakarta). Bachelor thesis, Universitas Nasional.

[img] Text
COVER.pdf

Download (766kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (433kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (659kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (400kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (362kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Perkembangan teknologi transportasi memberikan dampak kemacetan dan polusi di wilayah Kota Besar di Indonesia, salah satunya adalah DKI Jakarta. Keterbatasan lebar jalan yang sempit dan tingginya volume kendaraan yang telah menjadikan Jakarta sebagai salah satu kota yang mengalami polusi dan kemacetan terparah di Indonesia. Penelitian ini bertujuan riset untuk menganalisis dan menjelaskan tentang Transportasi Publik yang Terintegrasi Di Jakarta. Dalam melakukan Pembangunan kota keberlanjutan maka konsep ini menggunakan kota cerdas atau smart city yang menjelaskan penerapan Jaklingko dengan prinsip smart people, smart economy, smart living, smart mobility, smart Enviroment. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif, dengan pengumpulan data melalui wawancara dengan berbagai pihatk terkait dalam penelitian. Selanjutnya hasil penelitian menunjukkan bahwa respon masyarakat terhadap penggunaan layanan Jaklingko. Yang mengindikasikan bahwa Jaklingko merupakan sistem yang mempermudah masyarakat dalam melakukan pembayaran untuk berbagai layanan transportasi publik di Jakarta. Namun, dilain pihak banyak masyarakat yang menunjukkan ketidaksetujuan terhadap kebijakan Jaklingko karena sopir merasa bahwa rute yang sebelumnya dengan bebas dan kini harus dibagi menjadi dua dengan sopir Jaklingko. meskipun pemerintah berusaha mengembangkan sistem Jaklingko dengan harapan membawa perubahan menuju kota yang berkebijakan dengan berdasarkan pada pelestarian lingkungan, peningkatan ekonomi masyarakat, dan memberikan kesejahteraan kepada sopir angkutan umum. Kata Kunci: Perkembangan Kota, Terintegrasi, Jaklingko, Kota Keberlanjutan

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Skripsi > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: Delvy Aplirizani -
Date Deposited: 26 Mar 2024 02:32
Last Modified: 26 Mar 2024 02:32
URI: http://repository.unas.ac.id/id/eprint/10463

Actions (login required)

View Item View Item