ANALISIS PERILAKU BULLYING PADA REMAJA DI SMPN 6 BABELAN BEKASI TAHUN 2023

Safitri, Naila Farafisha (2024) ANALISIS PERILAKU BULLYING PADA REMAJA DI SMPN 6 BABELAN BEKASI TAHUN 2023. Bachelor thesis, Universitas Nasional.

[img] Text
COVER.pdf

Download (557kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (303kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (246kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (444kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (351kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (259kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

Latar Belakang: Bullying merupakan masalah psikososial dimana seseorang menghina dan merendahkan orang lain secara berulang-ulang, yang berdampak negatif baik pada pelaku maupun korban, dengan pelaku memiliki kekuatan yang lebih besar daripada korban (Olweus et al., 2014). Menurut United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO, 2019) prevalensi global bullying pada anak-anak dan remaja ditemukan bahwa hampir 32% anak di dunia telah menjadi korban bullying dalam beberapa bulan terakhir. Di Indonesia, KPAI (Komisi Perlindungan Anak Indonesia) melaporkan sejak tahun 2011-2019 mencatat terdapat 574 anak laki-laki yang menjadi korban bullying dan 425 anak perempuan menjadi korban bullying di sekolah. Tujuan: Untuk mengetahui faktor-faktor yang berhubungan dengan perilaku bullying pada remaja di SMPN 6 Babelan Metode: Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain deskriptif analitik dan pendekatan crossectional. Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel adalah stratified random sampling. Hasil: Adanya hubungan antara dukungan teman sebaya (p-value 0,004 < 0,05), akses media sosial (p-value 0,000 < 0,05), faktor iklim sekolah (p-value 0,007 < 0,05), faktor pola asuh orangtua (p-value 0,026 < 0,05), faktor harga diri (p-value 0,042 < 0,05) dengan perilaku bullying pada siswa-siswi kelas VIII SMPN 6 Babelan. Berdasarkan hasil uji Chi-Square diperoleh nilai yang artinya terdapat hubungan yang signifikan antara dukungan teman sebaya dengan perilaku bullying. Kesimpulan: Bahwa dukungan teman sebaya, akses media sosial, faktor iklim sekolah, faktor pola asuh orangtua, dan faktor harga diri ada hubungannya dengan perilaku bullying Saran: Penelitian ini diharapkan dapat menambah bahan kajian dan pustaka khususnya dalam mengkaji perilaku bullying dan mengenali faktor-faktor yang dapat menyebabkan bullying Kata kunci: bullying, faktor bullying, remaja Sumber: 41 (2013-2023)

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > L Education (General)
Divisions: Skripsi > Fakultas Ilmu Kesehatan > Program Studi Keperawatan
Depositing User: Delvy Aplirizani -
Date Deposited: 26 Mar 2024 02:09
Last Modified: 26 Mar 2024 02:09
URI: http://repository.unas.ac.id/id/eprint/10451

Actions (login required)

View Item View Item