HUBUNGAN TINGKAT KEPATUHAN TERAPI ARV DENGAN JUMLAH VIRAL LOAD PADA ORANG DENGAN HIV (ODHIV) YANG TIDAK MEMILIKI KOMORBID DAN YANG MEMILIKI KOMORBID TB DAN DM

Setiyowati, Wakhyu (2024) HUBUNGAN TINGKAT KEPATUHAN TERAPI ARV DENGAN JUMLAH VIRAL LOAD PADA ORANG DENGAN HIV (ODHIV) YANG TIDAK MEMILIKI KOMORBID DAN YANG MEMILIKI KOMORBID TB DAN DM. Bachelor thesis, Universitas Nasional.

[img] Text
Cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Bab I.pdf

Download (812kB)
[img] Text
Bab II.pdf

Download (795kB)
[img] Text
Bab III.pdf

Download (797kB)
[img] Text
Bab IV.pdf

Download (806kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (906kB)

Abstract

HIV (Human Immunodeficiency Virus) merupakan penyakit yang menyerang sistem kekebalan tubuh manusia sedemikian rupa sehingga kemampuan tubuh dalam melawan berbagai penyakit terganggu. Acquired Immunodeficiency Syndrome (AIDS) merupakan kumpulan gejala penyakit yang disebabkan oleh HIV. Kepatuhan terhadap pengobatan merupakan ungkapan yang digunakan untuk menggambarkan perilaku pasien dalam meminum obat secara tepat sesuai dosis.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat hubungan tingkat kepatuhan terapi ARV ( Antiretroviral) dengan jumlah viral load pada Orang dengan HIV (ODHIV) yang memiliki komorbid dan yang tidak memiliki komorbid TB (Tuberkulosis) dan DM (Diabetes melitus). Hasil uji statistik dengan uji Chi-square dari 80 orang didapatkan hasil yang komorbid sebanyak 57 orang (71,3%), yang tidak komorbid 23 orang (28,7%) dan yang patuh 55 orang (68,8%), yang tidak patuh 25 orang (31,3%). Berdasarkan data tersebut didapatkan hasil p-value sebesar 0,001 (< 0,05), sehingga dapat dinyatakan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara kepatuhan terapi ARV dengan jumlah viral load pada ODHIV yang memiliki komorbid dan yang tidak memiliki komorbid TB dan DM yang berarti kepatuhan terapi ARV sangat penting dalam membantu mengurangi penularan resiko HIV, membantu meningkatkan kualitas hidup penderita HIV baik yang tidak memiliki komorbid dan yang memiliki komorbid TB dan DM serta membantu menghambat infeksi oportunistik.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
R Medicine > RB Pathology
Divisions: Skripsi > Fakultas Biologi > Program Studi Biologi
Depositing User: - Abdurrahman -
Date Deposited: 25 Mar 2024 07:18
Last Modified: 25 Mar 2024 07:18
URI: http://repository.unas.ac.id/id/eprint/10436

Actions (login required)

View Item View Item