PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN MENGGUNAKAN AUDIO VISUAL TERHADAP PENGETAHUAN REMAJA MENGENAI PERILAKU SEKSUAL REMAJA DI SMAI DARUS SALAM TAPOS JAWA BARAT

Mirnawati, Eka (2024) PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN MENGGUNAKAN AUDIO VISUAL TERHADAP PENGETAHUAN REMAJA MENGENAI PERILAKU SEKSUAL REMAJA DI SMAI DARUS SALAM TAPOS JAWA BARAT. Bachelor thesis, Universitas Nasional.

[img] Text
COVER.pdf

Download (612kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (309kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (452kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (312kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (328kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (297kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (8MB)

Abstract

Latar Belakang: Pada masa remaja individu belum dapat bertanggung jawab sepenuhnya terhadap kegiatan yang mereka lakukan. Permasalah terkait kesehatan reproduksi yang dapat terjadi di masa remaja antara lain kehamilan diluar nikah, pemerkosaan, pelacuran dikalangan remaja, aborsi, penyakit menular seksual, pelecehan seksual dan penyimpangan-penyimpangan seksual lainnya seperti seks bebas. Tujuan: Untuk mengetahui Pengaruh Pendidikan Kesehatan Menggunakan Audio Visual Terhadap Pengetahuan Remaja Mengenai Perilaku Seksual Remaja di SMAI Darus Salam Tapos Jawa Barat. Metodologi: Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif analitik dengan pendekatan one group pretest posttest. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh Remaja tingkat X yang terdaftar di SMAI Darus Salam sebanyak 62 orang. Sampel menggunakan total sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner yang berisi mengenai Pengetahuan Remaja Mengenai Perilaku Seksual Remaja untuk diukur sebelum pemberian intervensi dan sesudah pemberian intervensi. Dan uji hipotesis menggunakan uji t. Hasil Penelitian: dapat diketahui bahwa perbedaan pengetahuan Remaja Mengenai Perilaku Seksual Remaja sebelum dan sesudah diberikan intervensi Pendidikan Kesehatan Menggunakan Audio Visual dengan hasil cenderung meningkat dapat dilihat dari nilai mean, median dan modus. Hasil didapatkan hasil tingkat signifikansi ˂0.000 yang artinya lebih rendah dari 0.05 maka hipotesis diterima. Simpulan: Ada Pengaruh Pendidikan Kesehatan Menggunakan Audio Visual Terhadap Pengetahuan Remaja Mengenai Perilaku Seksual Remaja di SMAI Darus Salam. Saran: Diharapkan hasil dari penelitian ini dapat dijadikan refrensi untuk penelitian selanjutnya dengan didukung oleh sumber-sumber lainnya, atau dapat dijadikan pembanding terhadap penelitian tentang pengaruh penyuluhan pendidikan kesehatan reproduksi dengan media audiovisual terhadap perilaku seksual remaja selanjutnya.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine
R Medicine > RG Gynecology and obstetrics
Divisions: Skripsi > Fakultas Ilmu Kesehatan > Program Studi Bidan Pendidik
Depositing User: Miss Rahma Rahmawati
Date Deposited: 25 Mar 2024 06:34
Last Modified: 25 Mar 2024 06:34
URI: http://repository.unas.ac.id/id/eprint/10407

Actions (login required)

View Item View Item