BUDAYA TRADISI PALANG PINTU PADA PERNIKAHAN MASYARAKAT BETAWI (Studi Kasus : Komunitas Masyarakat Betawi di Condet, Jakarta Timur)

Adjaningtias, Maghfirana (2024) BUDAYA TRADISI PALANG PINTU PADA PERNIKAHAN MASYARAKAT BETAWI (Studi Kasus : Komunitas Masyarakat Betawi di Condet, Jakarta Timur). Bachelor thesis, Universitas Nasional.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (403kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (786kB)
[img] Text
BAB 3.pdf

Download (511kB)
[img] Text
BAB 4.pdf

Download (5MB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (291kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

Condet, Jakarta Timur merupakan kawasan yang tidak luput dari arus urbanisasi dan globalisasi yang mengakibatkan kehidupan semakin modern. Hal ini menjadi ancaman bagi eksistensi masyarakat dan budaya Betawi, salah satunya adalah tradisi Palang pintu pada pernikahan masyarakat Betawi di Condet. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana eksistensi tradisi Palang Pintu pada pernikahan masyarakat Betawi di Condet, Jakarta Timur; dan mengetahui strategi yang dilakukan untuk menjaga dan mempertahankan eksistensi tradisi Palang Pintu pada pernikahan Masyarakat Betawi di Condet, Jakarta Timur. Metode penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif. Teknik triangulasi data digunakan dalam penelitian ini untuk mengetahui kevalidan data. Sementara itu, teknik pemilihan informan dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Teori identitas budaya dan tindakan sosial digunakan untuk menganalisis rumusan masalah dalam penelitian ini. Penelitian ini menghasilkan: (1) eksistensi tradisi Palang Pintu pada pernikahan masyarakat Betawi di Condet tetap terjaga, meskipun penggunaannya tidak lagi dikhususkan bagi masyarakat Betawi, melainkan juga digunakan oleh orang-orang non Betawi; (2) untuk mempertahankan dan menjaga eksistensi tradisi Palang Pintu pada pernikahan masyarakat Betawi di Condet dapat dilakukan melalui modifikasi, peningkatan pemahaman dan apresiasi budaya, melibatkan generasi muda, memanfaatkan teknologi, membentuk komunitas Betawi, dan membiasakan diri untuk menggunakan tradisi Palang Pintu pada pernikahan. Kata kunci: globalisasi, teori identitas budaya, tradisi Palang Pintu pada pernikahan masyarakat Betawi, urbanisasi.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races
Divisions: Skripsi > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: Delvy Aplirizani -
Date Deposited: 25 Mar 2024 04:22
Last Modified: 25 Mar 2024 04:22
URI: http://repository.unas.ac.id/id/eprint/10387

Actions (login required)

View Item View Item