DAMPAK MASUKNYA PRODUK CHINA KE INDONESIA MELALUI MEDIA DIGITAL TIKTOK SHOP TERHADAP UMKM DI INDONESIA TAHUN 2023

Saputri, Intan Nuryahya (2024) DAMPAK MASUKNYA PRODUK CHINA KE INDONESIA MELALUI MEDIA DIGITAL TIKTOK SHOP TERHADAP UMKM DI INDONESIA TAHUN 2023. Bachelor thesis, Universitas Nasional.

[img] Text
COVER.pdf

Download (991kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (219kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (309kB)
[img] Text
BAB 3.pdf

Download (191kB)
[img] Text
BAB 4.pdf

Download (690kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (213kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (462kB)

Abstract

Hubungan antara Indonesia dan Tiongkok telah menguat secara signifikan selama bertahun-tahun, terbukti dengan kerja sama bilateral di bidang perdagangan, investasi, dan pariwisata. Tiongkok sedang berupaya mewujudkan kawasan perdagangan bebas, yang mencakup pengurangan atau penghapusan hambatan perdagangan tarif dan non-tarif, meningkatkan akses terhadap pasar jasa, menyempurnakan peraturan dan ketentuan investasi, dan memperkuat aspek kerja sama ekonomi. Sebagai anggota ASEAN, Indonesia merupakan penerima manfaat dari inisiatif ini. Daya tarik produk Tiongkok di kalangan konsumen Indonesia sebagian besar disebabkan oleh harganya yang terjangkau. Hal ini terutama terlihat dengan munculnya platform e-commerce Tiktok shop, platform besar Tiongkok yang menyediakan algoritma penjualan untuk produk Tiongkok. Meluasnya penggunaan Tiktok shop di kalangan masyarakat Indonesia menyebabkan penurunan penjualan produk UMKM Indonesia sehingga berdampak pada kesejahteraan negara dan berujung pada defisit. Tulisan ini bertujuan untuk mengetahui dampak masuknya produk China ke Indonesia melalui media digital Tiktok shop dan pengaruhnya terhadap UMKM Indonesia tahun 2023. Penulis menggunakan Teori Neoliberalisme, Teori Sikap Masyarakat dan Teori Kepentingan Nasional dalam menganalisa tulisan ini. Penulis juga menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif menggunakan online data base dan wawancara. Kata Kunci Minat berbelanja, Tiktokshop, UMKM, Teori Neoliberalisme, Teori Sikap Masyrakat, Teori Kepentingan Nasional.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Skripsi > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Hubungan Internasional
Depositing User: Delvy Aplirizani -
Date Deposited: 25 Mar 2024 03:14
Last Modified: 25 Mar 2024 03:14
URI: http://repository.unas.ac.id/id/eprint/10360

Actions (login required)

View Item View Item