RESILIENSI ANAK DALAM PROSES SOSIALISASI SEKUNDER DI MASA PANDEMI COVID-19 DI KOTA DEPOK (Studi Kasus Di Sekolah Dasar Islami Daarunnadwah)

Laurentanu, Azizah Ismi (2024) RESILIENSI ANAK DALAM PROSES SOSIALISASI SEKUNDER DI MASA PANDEMI COVID-19 DI KOTA DEPOK (Studi Kasus Di Sekolah Dasar Islami Daarunnadwah). Bachelor thesis, Universitas Nasional.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (828kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (842kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (563kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (553kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji resiliensi anak dalam proses sosialisasi sekunder di masa pandemi Covid-19 dengan memanfaatkan teori sosialisasi primer dan sekunder oleh Peter L. Berger. Adanya pandemi Covid-19, telah memberikan dampak perubahan yang besar dalam tatanan kehidupan bermasyarakat, termasuk cara orang tua, keluarga, dan lingkungan sosial juga mempengaruhi proses tumbuh kembang anak. Pada penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Untuk responden dalam penelitian ini juga peneliti telah menetapkan kriteria yang paham mengenai proses sosialisasi sekunder di masa pandemi Covid-19. Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara yang mendalam dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pandemi Covid-19 telah mengubah tata cara sosialisasi sekunder bagi anak-anak. Penutupan sekolah dan pembatasan interaksi sosial mempengaruhi cara anak-anak berinteraksi dengan lingkungan sosial mereka. Meskipun demikian, resiliensi anak-anak juga terlihat dalam beradaptasi dengan perubahan tersebut. Beberapa faktor yang mempengaruhi resiliensi anak termasuk dukungan keluarga, dukungan sosial dari teman sebaya secara virtual, dan kreativitas dalam memanfaatkan teknologi komunikasi. Hasil penelitian ini juga memberikan pemahaman yang lebih lanjut tentang pentingnya peran sosialisasi sekunder dalam menghadapi perubahan sosial yang mendalam, seperti pandemi Covid-19. Teori sosialisasi primer dan sekunder oleh Peter L. Berger terbukti relevan dan bermanfaat dalam menjelaskan fenomena ini. Implikasi dari penelitian ini adalah pentingnya mendukung anak-anak dalam mengembangkan resiliensi mereka dalam menghadapi tantangan sosial yang berubah, khususnya dalam situasi di masa pandemi. Kata kunci : resiliensi anak, sosialisasi sekunder, pandemi Covid-19, Peter L. Berger

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Skripsi > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: Delvy Aplirizani -
Date Deposited: 22 Mar 2024 07:25
Last Modified: 22 Mar 2024 07:25
URI: http://repository.unas.ac.id/id/eprint/10325

Actions (login required)

View Item View Item