POLA KOMUNIKASI ORANG TUA DAN ANAK PADA TINGKAT SEKOLAH DASAR (STUDI KASUS SDN PONDOK LABU 14 PAGI)

Astuti, Cesar Hermalia (2024) POLA KOMUNIKASI ORANG TUA DAN ANAK PADA TINGKAT SEKOLAH DASAR (STUDI KASUS SDN PONDOK LABU 14 PAGI). Bachelor thesis, Universitas Nasional.

[img] Text
COVER.pdf

Download (4MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (369kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (487kB)
[img] Text
BAB 3.pdf

Download (387kB)
[img] Text
BAB 4.pdf

Download (380kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (279kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah pola komunikasi yang baik antara orang tua dan anak memberikan pengaruh positif terhadap tumbuh kembang anak. Penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa komunikasi yang terbuka dan memberi semangat antara orang tua dapat meningkatkan rasa percaya diri, motivasi belajar, dan keberhasilan akademik anak. Namun, masih sedikit penelitian yang menganalisis pola komunikasi orang tua dalam konteks pendidikan di Indonesia. Oleh karena itu, penelitian ini memberikan pemahaman bagaimana pola komunikasi orang tua dapat mempengaruhi pendidikan anak di sekolah dasar.Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan teknik pengumpulan data observasi partisipan dan wawancara mendalam kepada beberapa orang tua siswa SDN Pondok Labu 14 Pagi. Data tersebut akan dianalisis menggunakan analisis untuk mengidentifikasi pola komunikasi yang dominan antara orang tua dan anak.Dengan demikian, hasil dari penelitian ini memberikan pemahaman baru tentang pentingnya peran orang tua dalam kepribadian anak-anak mereka melalui komunikasi yang efektif. Penelitian ini juga memberikan rekomendasi bagi para orang tua untuk meningkatkan kualitas komunikasi dengan anak-anak mereka guna mendukung perkembangan karakter yang positif. Pola komunikasi orang tua kepada anak memiliki peranan yang sangat penting khususnya dalam pembentukan karakter pada anak sekolah dasar. Dengan adanya pola komunikasi yang baik dan efektif dapat memperkuat hubungan antara orang tua dan anak. Dengan memahami kebutuhan, keinginan dan perasaan anak dapat membentuk karakter maupun perilaku anak yang positif dengan memberikan dukungan emosional yang memang diperlukan dalam perkembangan anak. Kata Kunci: Pola komunikasi orang tua, dan sekolah dasar

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Skripsi > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: - Abdurrahman -
Date Deposited: 22 Mar 2024 04:12
Last Modified: 22 Mar 2024 04:12
URI: http://repository.unas.ac.id/id/eprint/10304

Actions (login required)

View Item View Item