PENGGANTIAN HAKIM MAHKAMAH KONSTITUSI RI OLEH LEGISLATIF YANG DI LEGITIMASI OLEH EKSEKUTIF (Studi Kasus Penggantian Hakim Konstitusi Aswanto Oleh DPR yang Tidak Sesuai dengan Undang - Undang No.7 Tahun 2020 Juncto Undang-Undang No.24 Tahun 2003 Tentang Mahkamah Konstitusi)

Amalia, Rizki (2024) PENGGANTIAN HAKIM MAHKAMAH KONSTITUSI RI OLEH LEGISLATIF YANG DI LEGITIMASI OLEH EKSEKUTIF (Studi Kasus Penggantian Hakim Konstitusi Aswanto Oleh DPR yang Tidak Sesuai dengan Undang - Undang No.7 Tahun 2020 Juncto Undang-Undang No.24 Tahun 2003 Tentang Mahkamah Konstitusi). Bachelor thesis, UNIVERSITAS NASIONAL.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (446kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (386kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (318kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (375kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (248kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya Praktik Inkonstitusional pada peristiwa hukum penggantian Hakim Konstitusi yang dilakukan oleh DPR atas pemberhentian Hakim Konstitusi Aswanto yang masih konstitusional dan sah menjabat sebagai Hakim Konstitusi, dalam satu kesatuan kejadian dilangsungkan Pengangkatan Hakim Konstitusi Guntur Hamzah yang di Legitimasi oleh Presiden dituangkan dalam Keputusan Presiden (Keppres) No.114/P/2022 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Hakim Konstitusi yang Diajukan oleh DPR. Penelitian ini menggunakan penelitian normatif dengan pendekatan perundang-undangan (statute-approach) dan pendekatan kasus (case approach). Hasil dari Penelitian ini menunjukkan bahwa DPR RI tidak berwenang melakukan pemberhentian hakim konstitusi Aswanto di tengah masa jabatannya. Tindakan DPR tersebut tidak mempunyai dasar hukum dan melanggar UUD NRI 1945 serta bertentangan dengan UU MK. Peristiwa hukum ini menjadi insiden buruk bagi Indonesia sebagai Negara hukum atas tindakan kesewenang�wenangan DPR dalam penggantian Hakim Konstitusi yang menggerus marwah Indonsesia sebagai Negara hukum, menciderai hukum dan melecehkan independesi Mahkamah Konstitusi.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
K Law > K Law (General)
Divisions: Skripsi > Fakultas Hukum > Program Studi Ilmu Hukum
Depositing User: Miss Rahma Rahmawati
Date Deposited: 22 Mar 2024 03:30
Last Modified: 22 Mar 2024 03:30
URI: http://repository.unas.ac.id/id/eprint/10295

Actions (login required)

View Item View Item