ANALISIS FRAMING PEMBERITAAN CALON PRESIDEN INDONESIA 2024 (Pada Debat Capres Pertama Di Media Online Tempo.co dan SindoNews.com Periode Pemberitaan 12 Desember – 15 Desember 2023)

Syahputra, Muhammad Farhan (2024) ANALISIS FRAMING PEMBERITAAN CALON PRESIDEN INDONESIA 2024 (Pada Debat Capres Pertama Di Media Online Tempo.co dan SindoNews.com Periode Pemberitaan 12 Desember – 15 Desember 2023). Bachelor thesis, Universitas Nasional.

[img] Text
Cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (350kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (389kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (230kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (174kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pemberitaan media tentang debat pertama calon presiden RI 2024 menarik untuk dikaji karena banyaknya pembahasan yang krusial pada debat pertama ini mulai dari HAM yang dibahas dimana HAM ini adalah masalah yang krusial yang belum terselesaikan sampai saat ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pembingkaian berita yang dilakukan oleh Tempo.co dan SindoNews.com, kecenderungan sikap media dan kontruksi media massa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan analisis framing Zhongdang Pan dan Gerald M. Kosicki. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembingkaian berita oleh SindoNews.com lebih mengunggulkan pasangan calon nomor urut 03 Ganjar Pranowo - Mahfud MD dengan begitu maka sikap media SindoNews.com menjadi tidak berimbang atau netral, kontruksi media massa yang dilakukan oleh SindoNews.com mengarah pada pasangan calon nomor urut 03 Ganjar Pranowo - Mahfud MD lebih layak. Sementara pembingkaian berita yang dilakukan oleh Tempo.co memberikan kesempatan yang sama kepada ketiga pasangan Calon Presiden dengan begitu maka sikap media Tempo.co lebih netral atau berimbang, dan kontruksi media massa yang dilakukan oleh Tempo.co hanya menyampaikan berita mengenai debat pertama Calon Presiden RI 2024 tanpa mengunggulkan salah satu pihak.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
J Political Science > J General legislative and executive papers
Divisions: Skripsi > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Miss Rahma Rahmawati
Date Deposited: 22 Mar 2024 02:51
Last Modified: 22 Mar 2024 02:51
URI: http://repository.unas.ac.id/id/eprint/10287

Actions (login required)

View Item View Item