PRESUPOSISI DALAM WEBTOON GIRL’S WORLD PRESUPPOSITION IN GIRL’S WORLD WEBTOON

Febriola, Khalisa (2024) PRESUPOSISI DALAM WEBTOON GIRL’S WORLD PRESUPPOSITION IN GIRL’S WORLD WEBTOON. Bachelor thesis, Universitas Nasional.

[img] Text
COVER.pdf

Download (858kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (524kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (790kB)
[img] Text
BAB 3.pdf

Download (939kB)
[img] Text
BAB 4.pdf

Download (574kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (639kB)

Abstract

Dalam suatu percakapan, sebelum pembicara mengatakan sesuatu, mereka terkadang sudah mempunyai asumsi tentang apa yang sedang dibicarakan. Kondisi ini disebut dengan presuposisi. Skripsi ini membahas tentang presuposisi yang terdapat dalam sebuah webtoon. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan presuposisi beserta maknanya dan jenis presuposisi yang terdapat dalam webtoon Girl’s World. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang bersifat deskriptif. Teknik pengambilan data penelitian ini menggunakan metode simak dan teknik lanjutan yakni, teknik catat dengan mengambil data berupa tuturan tokoh dari episode 30-50 yang mengandung presuposisi. Data dianalisis dengan mengklasifikasikan presuposisi menjadi enam jenis presuposisi (Yule, 2006) yang terbagi atas presuposisi eksistensial, presuposisi faktif, presuposisi leksikal, presuposisi struktural, presuposisi nonfaktif, dan presuposisi konterfaktual. Berdasarkan hasil analisis, ditemukan sebanyak 41 tuturan yang mengandung presuposisi, 7 presuposisi eksistensial, 11 presuposisi faktual, 6 presuposisi leksikal, 12 presuposisi struktural, 1 presuposisi nonfaktual, 4 presuposisi konterfaktual.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: L Education > LA History of education
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources > ZA4050 Electronic information resources
Divisions: Skripsi > Fakultas Sastra > Program Studi Bahasa Korea
Depositing User: - Abdurrahman -
Date Deposited: 21 Mar 2024 07:34
Last Modified: 21 Mar 2024 07:34
URI: http://repository.unas.ac.id/id/eprint/10285

Actions (login required)

View Item View Item