PENGELOLAAN MEDIA INSTAGRAM @TIGADEWAADVENTUREINDONESIA SEBAGAI MEDIA INFORMASI KEPADA PENDAKI

Tajuddin, Muhammad (2024) PENGELOLAAN MEDIA INSTAGRAM @TIGADEWAADVENTUREINDONESIA SEBAGAI MEDIA INFORMASI KEPADA PENDAKI. Bachelor thesis, Universitas Nasional.

[img] Text
COVER.pdf

Download (848kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (206kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (638kB)
[img] Text
BAB 3.pdf

Download (80kB)
[img] Text
BAB 4.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (48kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Fokus dari penelitian ini adalah eksplorasi mengenai strategi pengelolaan media Instagram oleh akun @tigadewaadventureindonesia dalam upaya penyebaran informasi, yang dipicu oleh pertumbuhan media sosial terutama Instagram yang menjadi sarana penting bagi para pendaki untuk menyebarkan informasi. Akun Instagram @tigadewaadventureindonesia secara aktif berpartisipasi dalam menyebarkan informasi seputar kegiatan pendakian gunung dan memiliki kegiatan unggah kontennya secara konsisten. Dalam penelitian ini, menggunakan Teori New Media oleh Denis McQuail, penelitian bertujuan untuk memahami bagaimana akun @tigadewaadventureindonesia mengelola media sosialnya sebagai sarana komunikasi dan penyebaran informasi, dengan memanfaatkan konsep POAC dan model The Circular Model of Some yang dikembangkan oleh Regina Luttrell. Penelitian ini memilih pendekatan kualitatif dengan pengumpulan data melalui wawancara mendalam kepada key informan dan tiga informan lainnya, serta dokumentasi sebagai sumber data sekunder. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengelolaan media Instagram @tigadewaadventureindonesia dalam penyebaran informasi dimulai dengan pembuatan konten yang memilih isu-isu yang relevan melalui proses agenda setting. Instagram dipilih sebagai platform utama karena popularitasnya dan daya tariknya terhadap generasi muda sebagai target audience. Strategi pengelolaan media sosial Instagram melibatkan penggunaan fitur-fitur khusus seperti unggahan konten secara rutin melalui Feeds dan Instagram Story. Selain itu, interaksi dengan pengikut dilakukan secara aktif melalui balasan direct message dan komentar. Akun @tigadewaadventureindonesia juga melakukan media monitoring menggunakan fitur insight Instagram untuk membuat laporan perkembangan Instagram serta menyebarkan survei kepada pengikutnya setiap tahun guna mendapatkan umpan balik dari audiensnya.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources > ZA4050 Electronic information resources
Divisions: Skripsi > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: - Abdurrahman -
Date Deposited: 21 Mar 2024 05:36
Last Modified: 21 Mar 2024 05:36
URI: http://repository.unas.ac.id/id/eprint/10274

Actions (login required)

View Item View Item