ANALISIS YURIDIS PERSAMAAN PENGGUNAAN MEREK TERKAIT PRODUK “ERIGO DENGAN ERG” (STUDI KASUS PUTUSAN PENGADILAN NIAGA NOMOR 80/PDT.SUS-HKI/MEREK/2021/PN NIAGA JKT.PST JUNCTO PUTUSAN MAHKAMAH AGUNG NOMOR 1349 K/PDT.SUS-HKI/2022)

YAHIA, YAHIA ESSAM (2024) ANALISIS YURIDIS PERSAMAAN PENGGUNAAN MEREK TERKAIT PRODUK “ERIGO DENGAN ERG” (STUDI KASUS PUTUSAN PENGADILAN NIAGA NOMOR 80/PDT.SUS-HKI/MEREK/2021/PN NIAGA JKT.PST JUNCTO PUTUSAN MAHKAMAH AGUNG NOMOR 1349 K/PDT.SUS-HKI/2022). Bachelor thesis, Universitas Nasional.

[img] Text
COVER.pdf

Download (587kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (554kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (483kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (578kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (414kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (337kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

Konsistensi dalam menggunakan merek adalah perhatian utama dalam konteks kekayaan intelektual. Terdapatnya kemiripan pada produk merek berpotensi menimbulkan kerugian bagi pemilik merek aslinya serta membingungkan konsumen. Rumusan masalah pada penelitian ini ialah: 1. Bagaimanakah pengaturan penggunaan merek terkait adanya persamaan merek yang serupa dalam produk sejenis di indonesia? 2. Bagaimanakah analisis pertimbangan dan putusan hakim terkait persamaan penggunaan merek produk “ERG dengan ERIGO” dalam putusan mahkamah agung No. 1349K/pdt.sus-HKI/2022?. Metode yang dilakukan penulisan skripsi ini menggunakan penelitian hukum normatif, data yang berfokus pada kepustakaan. Kesimpulan dari penelitian ini ialah persamaan merek yang serupa dalam produk sejenis dapat dikategorikan sebagai pelanggaran merek di Indonesia. Dalam Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2016 tentang Merek dan Indikasi Geografis (UU MIG). Pertimbangan hakim dalam putusan MA Nomor 1349 K/Pdt.Sus-HKI/2022 sudah tepat. Hal tersebut karena Tergugat dalam menggunakan merek berdasarkan alas hak yang sah bedasarkan prinsip first-to-file. Maka tergugat tidak terbukti melakukan pelanggaran merek sebagaimana ditentukan dalam Pasal 83 dan an 84 ayat (1) Undang-undang Nomor 20 Tahun 2016 tentang Merek dan Indikasi Geografis. Kata Kunci : Merek Persamaan merek, Pengaturan Penggunaan Merek.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: K Law > K Law (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Skripsi > Fakultas Hukum > Program Studi Ilmu Hukum
Depositing User: - Abdurrahman -
Date Deposited: 21 Mar 2024 04:06
Last Modified: 21 Mar 2024 04:06
URI: http://repository.unas.ac.id/id/eprint/10261

Actions (login required)

View Item View Item