ANALISIS SEMIOTIKA IKLAN POLITIK PARTAI MENJELANG PEMILIHAN PRESIDEN 2024:(Studi Semiotika Peirce Pada Iklan Partai Amanat Nasional Versi Lagu PAN PAN PAN Terdepan (Ads) Di Televisi Nasional)

Wibisono, Jovian Dwi Gianto (2024) ANALISIS SEMIOTIKA IKLAN POLITIK PARTAI MENJELANG PEMILIHAN PRESIDEN 2024:(Studi Semiotika Peirce Pada Iklan Partai Amanat Nasional Versi Lagu PAN PAN PAN Terdepan (Ads) Di Televisi Nasional). Bachelor thesis, Universitas Nasional.

[img] Text
cover.pdf

Download (441kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (111kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (294kB)
[img] Text
BAB 3.pdf

Download (104kB)
[img] Text
BAB 4.pdf

Download (738kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (91kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis iklan politik Partai Amanat Nasional mengenai semiotika peirce versi lagu Pan Pan Pan di televisi nasional dan swasta. Teori Semiotika Peirce dan Media Periklanan Richards, digunakan dalam penelitian ini yang terdiri atas hubungan representamen, object dan segitiga interpretant yang membentuk trikotomi dasar pembagian tanda. Metode Kualitatif dengan pendekatan kualitatif deskriptif studi semiotika. hasil penelitian menunjukan bahwa Iklan politik ini memiliki unsur Sonic Branding pendekatan pemasaran atau marketing yang banyak digunakan dalam membangun brand maupun bisnis, yang dalam perkembangannya meluas hingga partai politik supaya membangun merek/brand menggunakan elemen audio yang khas untuk menciptakan pengalaman yang mengesankan bagi pemilih atau konsumen sosial terhadap pemahaman mengenai politik bagi kalangan generasi Z atau kaum muda yang saat ini menjadi pemilih pemula pada pemilu nanti. Dengan demikian kesimpulan dalam penelitian ini bahwa Semiotika Peirce Pada Iklan Partai Amanat Nasional Versi Lagu Pan Pan Pan Terdepan (Ads) memanfaatkan berbagai jenis tanda, baik ikonik, indeksikal, maupun simbolis, melibatkan elemen visual, auditif, dan teks telah sesuai dengan Teori Semiotika Peirce dan Media Periklanan. Peneliti menyarankan untuk dapat peka dengan adanya iklan politik di sekitar kita, karena iklan politik dapat mempengaruhi sikap seseorang apakah menjadi pro atau menjadi kontra. Kata Kunci : Analisis, Televisi, Iklan Politik, Partai Amanat Nasional, Semiotika.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: J Political Science > JC Political theory
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources > ZA4050 Electronic information resources
Divisions: Skripsi > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: - Abdurrahman -
Date Deposited: 21 Mar 2024 03:39
Last Modified: 21 Mar 2024 03:39
URI: http://repository.unas.ac.id/id/eprint/10252

Actions (login required)

View Item View Item