HUBUNGAN ANTARA POLA MAKAN DAN TINGKAT STRESS DENGAN KEJADIAN HIPERTENSI PADA LANSIA DI RW.01 CILANDAK TIMUR JAKARTA SELATAN

Recinta, Widya Putri Cahya (2024) HUBUNGAN ANTARA POLA MAKAN DAN TINGKAT STRESS DENGAN KEJADIAN HIPERTENSI PADA LANSIA DI RW.01 CILANDAK TIMUR JAKARTA SELATAN. Bachelor thesis, Universitas Nasional.

[img] Text
COVER.pdf

Download (522kB)
[img] Text
BAB I.PDF

Download (442kB)
[img] Text
BAB II.PDF

Download (541kB)
[img] Text
BAB III.PDF

Download (439kB)
[img] Text
BAB IV.PDF

Download (465kB)
[img] Text
BAB V.PDF

Download (302kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Latar Belakang : Lansia adalah seseorang yang telah memasuki usia 60 tahun ke atas, kelompok usia rentan berisiko menderita suatu penyakit. Penyakit hipertensi merupakan penyakit darah tinggi yang menyebabkan jangka panjang dan jangka pendek. Hipertensi juga dipengaruhi oleh pola makan dan tingkat stress, cara mencegah dan mengendalikan hipertensi dapat dilakukan dengan cara memperhatikan pola makan yang baik, dan mengurangi stress. Tujuan : Untuk melihat hubungan antara pola makan dan tingkat stress dengan kejadian hipertensi pada lansia di RW.01 Cilandak Timur Jakarta Selatan. Metodologi Penelitian : Metode penelitian kuantitatif, desain penelitian yang digunakan deskriptif korelasi. Teknik analisis data chi-square untuk mengetahui adanya hubungan antar variabel. Hasil Penelitian : Terdapat dari hasil penelitian diketahui responden yang mengalami pola makan baik sebanyak 62% responden dan tingkat stress berat sebanyak 42% responden. Hasil uji chi-square diperoleh hasil p-value 0,018<0,05 terdapat hubungan pola makan dengan kejadian hipertensi dan p-value 0,367>0,05 tidak terdapat hubungan tingkat stress dengan kejadian hipertensi. Kesimpulan : Terdapat hubungan pola makan dengan kejadian hipertensi dan tidak terdapat hubungan antara tingkat stress dengan kejadian hipertensi. Saran : Diharapkan penelitian ini dapat menjadi bahan pembelajaran untuk dapat menjaga pola makan dan tingkat stress dengan kejadian hipertensi pada lansia. Kata Kunci : Lansia, Hipertensi, Pola Makan, Tingkat Stress Referensi : 51 referensi (2013-2023)

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Skripsi > Fakultas Ilmu Kesehatan > Program Studi Keperawatan
Depositing User: Delvy Aplirizani -
Date Deposited: 20 Mar 2024 07:25
Last Modified: 20 Mar 2024 07:25
URI: http://repository.unas.ac.id/id/eprint/10219

Actions (login required)

View Item View Item