PENGELOLAAN REPUTASI PERUSAHAAN STRATEGIS (studi kasus pada divisi komunikasi PT. PLN Unit Induk Distribusi Jakarta Raya)

Muhmindhito, Nurfaiz (2024) PENGELOLAAN REPUTASI PERUSAHAAN STRATEGIS (studi kasus pada divisi komunikasi PT. PLN Unit Induk Distribusi Jakarta Raya). Bachelor thesis, Universitas Nasional.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (298kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (337kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (307kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (148kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (762kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis bagaimana pengelolaan reputasi PT. PLN (persero) sebagai perusahaan strategis oleh divisi komunikasi (studi kasus pada divisi komunikasi pt. pln induk distribusi jakarta raya). Dengan menggunakan teori reputasi perusahaan Charle J. Fombrun, terdiri atas premis: Kredibilitas, Terpercaya, Keterandalan, dan Tanggung Jawab Sosial. Metode penelitian kualitatif dengan studi kasus. Hasil penelitian menunjukan bahwa pada premis Kredibilitas menemukan bahwa divisi komunikasi berperan dalam menjaga hubungan baik dengan pemangku kepentingan seperti pelanggan, pemerintah, dan juga masyarakat dengan kredibel. Pada premis Terpercaya peneliti menemukan bahwa PLN memberikan pelayanan terbaik, untuk menjaga kepercayaan masyarakat, responsif dalam menganani keluhan pelanggan dalam platform digital. Pada Premis Keterandalan menemukan bahwa PLN sebagai perusahaan stratetgis mengelola reputasinya dengan inovasi pada infrastruktur listrik dan melakukan terobosan investasi yang berkaitan perusahaan strategis. Pada Premis Tanggung Jawab Sosial menemukan bahwa PLN meningkatkan kualitas layanan, meningkatkan transparansi, dan menunjukkan kepedulian terhadap masyarakat dengan CSR dan lokasi perusahaan strategis dengan menyediakan listrik untuk mendukung berbagai sektor ekonomi kecil dan masyrakat sederhana dengan kuota listrik terjangkau. Investasi dalam infrastruktur listrik yang lebih andal dapat meningkatkan keandalan pasokan listrik. Kesimpulan dalam penelitian ini bahwa pengelolaan reputasi perusahaan telah sejalan dengan yang disarankan oleh Charles J. Fombrun dengan perspektif teori reputasi perusahaan yang terdiri atas Premis Kredibilitas, Terpercaya, Keterandalan, dan Tanggung Jawab Sosial. Peneliti menyarankan agar program - program yang telah dilakukan PLN seperti mengadakan quiz berhadiah ataupun kegiatan sosial sebaiknya dilakukan secara konsisten agar loyalitas pelanggan tetap ada. Kata Kunci : Pengelolaan, Reputasi perusahaan, Strategis

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Skripsi > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Miss Rahma Rahmawati
Date Deposited: 20 Mar 2024 06:34
Last Modified: 20 Mar 2024 06:34
URI: http://repository.unas.ac.id/id/eprint/10210

Actions (login required)

View Item View Item