EVALUASI PERIZINAN BERUSAHA TERINTEGRASI ELEKTRONIK ONLINE SINGLE SUBMISSION (OSS) DI DINAS PENANAMAN MODAL DAN PELAYANAN TERPADU SATU PINTU PROVINSI DKI JAKARTA (STUDI PADA MASYARAKAT KOTA ADMINISTRASI JAKARTA SELATAN)

Fadliansyah, Idzhar (2024) EVALUASI PERIZINAN BERUSAHA TERINTEGRASI ELEKTRONIK ONLINE SINGLE SUBMISSION (OSS) DI DINAS PENANAMAN MODAL DAN PELAYANAN TERPADU SATU PINTU PROVINSI DKI JAKARTA (STUDI PADA MASYARAKAT KOTA ADMINISTRASI JAKARTA SELATAN). Bachelor thesis, Universitas Nasional.

[img] Text
Cover (Cover, Lembar Penunjang, Abstrak, Kata Pengantar, Daftar Isi).pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (367kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (642kB)
[img] Text
BAB 3.pdf

Download (410kB)
[img] Text
BAB 4.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (72kB)
[img] Text
LAMPIRAN (Daftar Pustaka, lampiran lampiran, lembar awal hasil turnitin).pdf

Download (1MB)

Abstract

Perizinan Berusaha Terintegrasi Secara Elektronik atau Online Single Submission (OSS) merupakan Perizinan Berusaha yang dikeluarkan oleh lembaga OSS untuk dan nama menteri, pimpinan lembaga, gubernur, atau bupati/walikota terhadap pelaku usaha melalui sistem elektronik yang terintegrasi. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh beberapa permasalahan dalam pelaksanaan layanan Online Single Submission (OSS), yaitu masih ada masyarakat bisnis Kota Jakarta Selatan yang belum mengetahui layanan Online Single Submission (OSS), masih terdapat kendala terkait jaminan efisiensi waktu terhadap layanan Online Single Submission (OSS), masih ada beberapa pelayanan yang dimiliki Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Provinsi DKI Jakarta belum terintegrasi kedalam layanan Online Single Submission (OSS) dan juga belum optimalnya sistem pengawasan dan monitoring dalam pelaksanaan layanan Online Single Submission (OSS). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui evaluasi perizinan usaha dengan sistem Online Single Submission (OSS) di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Provinsi DKI Jakarta pada masyarakat Kota Administrasi Jakarta Selatan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan melakukan wawancara, observasi serta dokumentasi dilihat dari 5 (lima) dimensi, yaitu kelompok sasaran yang ingin dipengaruhi, berbagai instrumen kebijakan yang digunakan, responsi dari lingkungan kebijakan, kinerja yang dicapai dan dampak yang terjadi. Sumber data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh secara langsung dari informan dan observasi. Sedangkan data sekunder bersumber dari data yang ada dari Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Provinsi DKI Jakarta serta dokumen-dokumen yang memiliki keterkaitan dengan permasalahan yang akan diteliti. Hasil penelitian menunjukkan bahwa evaluasi perizinan berusaha terintegrasi elektronik Online Single Submission (OSS) di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Provinsi DKI Jakarta sudah cukup terlaksana dengan baik, yang dimana merupakan bentuk dari smart government. Namun, pada pelaksanaannya masih ada kendala yang dialami masyarakat dalam penggunaannya. Sehingga, dapat disimpulkan kembali bahwa evaluasi perizinan berusaha terintegrasi elektronik Online Single Submission (OSS) adalah sudah terlaksana namun belum dilakukan secara maksimal. Kata Kunci: Evaluasi, Perizinan, Layanan Online Single Submission, Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Provinsi DKI Jakarta.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Skripsi > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Administrasi Negara
Depositing User: Miss Rahma Rahmawati
Date Deposited: 20 Mar 2024 04:10
Last Modified: 20 Mar 2024 04:10
URI: http://repository.unas.ac.id/id/eprint/10192

Actions (login required)

View Item View Item