PELAYANAN AKSES INFORMASI DALAM APLIKASI SAFE TRAVEL OLEH DIREKTORAT PELINDUNGAN WARGA NEGARA INDONESIA KEMENTERIAN LUAR NEGERI

Yanti, Annisa Putri (2024) PELAYANAN AKSES INFORMASI DALAM APLIKASI SAFE TRAVEL OLEH DIREKTORAT PELINDUNGAN WARGA NEGARA INDONESIA KEMENTERIAN LUAR NEGERI. Bachelor thesis, Universitas Nasional.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (489kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (402kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (114kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (221kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (600kB)

Abstract

Aplikasi safe travel adalah aplikasi digital yang dirilis dengan tujuan untuk meningkatkan upaya perlindungan terhadap WNI yang sedang berada di luar negeri dan juga memberikan informasi kepada masyarakat yang akan berencana berpergian ke luar negeri. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh beberapa permasalahan dalam pelaksanaan aplikasi safe travel yaitu masih banyak masyarakat yang belum mengetahui adanya aplikasi safe travel dan kurangnya pembaruan informasi di beberapa negara. Tujuan dari penelitan ini adalah untuk mengetahui mengenai pelayanan akses informasi dalam aplikasi safe travel oleh Direktorat Pelindungan Warga Negara Indonesia Kementerian Luar Negeri. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif dengan melakukan wawancara, observasi dan juga dokumentasi yang dilihat dari 6 (enam) indikator yaitu sederhana, partisipatif, akuntabel, berkelanjutan, transparansi dan keadilan. Dalam penelitian ini menggunakan indikator teori pelayanan publik dari Inu kencana syafiie. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa pelayanan akses informasi dalam aplikasi safe travel oleh Direktorat Pelindungan Warga Negara Indonesia Kementerian Luar Negeri sudah cukup terlaksana. Namun, dalam proses pelayanannya masih belum maksimal dimana masih terdapat kendala teknis yang dialami masyarakat dan juga kurangnya data dan informasi dalam aplikasi safe travel. Kehadiran dari aplikasi ini dengan berbagai kelebihan dan kekurangannya diharapkan terus berupaya untuk melakukan pengembangan dan perbaikan yang lebih baik guna membantu masyarakat sebagai pengguna aplikasi safe travel ini dalam mengakses berbagai informasi selama melakukan perjalanan ke luar negeri.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Skripsi > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Administrasi Negara
Depositing User: - Abdurrahman -
Date Deposited: 19 Mar 2024 07:48
Last Modified: 19 Mar 2024 07:48
URI: http://repository.unas.ac.id/id/eprint/10166

Actions (login required)

View Item View Item